HeadlineIndeksKriminalitas

Dirlantas Polda Sumut Imbau Pengendara Lebih Utamakan Keselamatan daripada Kecepatan

MEDAN (bareskrim.com) | Jelang perayaan malam pergantian tahun, personel lalulintas dari masing-masing Polres, Polda Sumut melakukan pengaturan arus lalulintas dan pemantauan volume kendaraan yang melintas di jalan lintas Sumatera (jalinsum) ataupun jalan kota.

“Kita memang menyiagakan personel di pos pengamanan dan pos pelayanan. Personel juga bertugas untuk melakukan pengaturan arus lalulintas, mengingat jelang malam pergantian tahun, pasti banyak pengendara yang melakukan liburan. Itu makanya kita menyiagakan personel untuk melakukan pengaturan arus,” kata Dirlantas Polda Sumut Kombes Kemas Ahmad Yamin, Minggu (29/12/2019).
Ia mengatakan yang menjadi prioritas dalam pengaturan ini adalah mengimbau kepada para pengendara yang melakukan perjalanan jauh agar mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.
“Apabila merasa lelah dan letih, silahkan berhenti di tempat yang aman. Bisa juga berhenti di pos pam dan pos yan yang sudah disediakan. Karena di sana, ada juga petugas dari kesehatan masing-masing daerah,” terang Kemas.
Kemas menyatakan sampai saat ini (H-2) kondisi arus lalulintas masih ramai lancar. Seperti di daerah jembatan Sei Wampu, Kabupaten Langkat. Arus lalulintas di sini masih ramai lancar, meskipun renovasi jembatan masih berjalan.
“Jadi kendaraan dari jalur Medan-Aceh dan sebaliknya masih terpantau lancar dan tidak ada terjadi kepadatan volume kendaraan,” katanya.
Sementara di jalur Siantar-Prapat dan sebaliknya juga terpantau masih lancar dan tidak ada kejadian yang menonjol.
Kemudian arus lalulintas dari Siantar-Medan dan sebaliknya terpantau ramai lancar. Sedangkan untuk arus lalulintas di daerah Medan-Brastagi dan sebaliknya persis di simpang tiga pemandian air panas Sidebu-debu masih terpantau lancar.
“Kita juga sudah menyediakan personel di daerah yang berpotensi mengalami kepadatan volume kendaraan. Seperti di jalur wisata, Brastagi dan Prapat, Danau Toba,” ujar Kemas.
Untuk pemantauan jalur keluar tol menuju Tebingtinggi dan menuju Deliserdang juga personel sudah terlihat standby dan melakukan pengaturan arus lalulintas.
“Saat sekarang di H-2 tidak ada kendala dan belum ada kejadian yang menonjol,” terangnya.
Orang nomor satu di Ditlantas Polda Sumut ini juga mengimbau kepada para pemudik ataupun masyarakat yang hendak berlibur diharapkan untuk mengutamakan keselamatan.
“Cek kendaraan dan gunakan kendaraan yang layak jalan. Biar tidak menjadi halangan dan rintangan saat dalam perjalanan,” katanya.
Apabila merasa letih, tambahnya, silahkan berhenti di pos pengamanan dan pos pelayanan yang sudah disediakan. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button