Rusuh Warga Binaan | Rutan Kabanjahe Terbakar

MEDAN (bareskrim.com) | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo dilanda kerusuhan, Rabu (12/2/2020) siang.

Informasi yang diperoleh, akibat peristiwa ini, sejumlah bagian bangunan Rutan terbakar, sehingga sejumlah warga binaan harus dievakuasi.
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Martuani Sormin Siregar yang dikonfirmasi menyebutkan, untuk mengamankan situasi Rutan, anggota Polri dari Polres Tanahkaro dibantu TNI dari Kodim dan Yonif 125 sudah turun ke lokasi. Selain itu, jelas dia, pertolongan juga sudah diberikan.
“Pemadaman api juga sedang berlangsung termasuk evakuasi warga lapas,” ungkapnya.
Sejauh ini, sambung Kapolda, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Adapun penyebab kerusuhan, terang dia, karena over kapasitas, sehingga menimbulkan kemarahan warga binaan.
“Ya rutan ada rusuh karena over kapasitas, sehingga warga binaan marah,” tandasnya.
Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja menyampaikan, peristiwa kerusuhan yang disertai pembakaran dan perusakan oleh napi (nara pidana) ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Ia memaparkan, adapun total napi di dalam rutan berjumlah 410 orang, dengan perincian 380 pria dan 30 wanita.
“Sejauh ini yang berhasil di evakuasi sebanyak 314 orang dan sisa 96 orang,” jelasnya.
Kendati mengalami kerusuhan, terang Tatan, tidak terdapat seorang pun napi yang kabur. Sementara untuk korban jiwa maupun luka-luka, sebut Tatan, juga tidak ada.
“Situasi saat ini sudah terkendali. Dan api sudah mulai padam,” pungkasnya. (amri/B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *