Ditreskrimsus Gelar Pelatihan Mobile Forensic

MEDAN (bareskrim.com) | Personel Ditreskrimsus Polda umut menggelar pelatihan mobile forensic “oxygen” di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Selasa (18/2/2020).

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) personel Ditreskrimsus Polda Sumut dalam mengungkap kejahatan melalui kecanggihan teknologi.

Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Rony Samtana menyampaikan, hal ini dilakukan dalam meneruskan arahan Kabagreskrim saat Rakernis Dit Tipidter di Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Adapun pokok yang dibahas, kata dia, meliputi permasalahan karhutla, illegal logging, illegal mining, pencemaran lingkungan hidup, kejahatan migas (illegal pumping) dan merkuri.

Rony memaparkan, dalam permasalahan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan), Polres setempat harus berkordinasi dengan pemda mengenai pengadaan alat, anggaran, personel yang dilibatkan apabila ada kebakaran hutan di daerah Sumut.

“Sedangkan untuk illegal logging, agar melakukan penindakan kepada pelaku penebangan pohon yang memasuki kawasan hutan dan tanpa izin,” jelasnya.

Begitupun terhadap air limbah, sambung dia, apabila ada pabrik yang tidak melakukan pengolahan air limbah dengan baik yang mengalirkan air limbah ke media umum supaya diberi peringatan dahulu.

“Kemudian lakukan pengecekan kembali. Namun apabila tetap tidak dilakukan pengolahan air limbah dengan baik, maka lakukan penindakan,” tegasnya.

Berikutnya terhadap Migas, ujar dia, agar menindak tegas apabila ada pengeboran minyak ilegal baik pengeboran minyak di darat atau kejahatan illegal pumping di tengah laut.

“Terhadap merkuri, supaya menindak dan menangkap yang melakukan penjualan merkuri kepada penambang-penambang emas. Dikarenakan banyaknya anak yang lahir cacat di Mandailing Natal Sumut,” pungkasnya. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *