Kebijakan Pelarangan Mudik Lebaran | Kapolda Sumut Pantau Kesiapan Pos Perbatasan Sumut-Aceh

MEDAN (bareskrim.com) | Sebagai rangkaian pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020, Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin memantau kesiapan pos check point perbatasan Sumut-Aceh di Padang Halaban Besitang, Rabu (29/4/2020).

Langkah itu juga dilakukan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait pelarangan mudik Idul Fitri 1441 Hijriyah sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).
Kapolda mengatakan, kedatangannya dan rombongan untuk mengecek kesiapan anggota dalam melakukan razia baik kendaraan maupun masyarakat yang masuk dan keluar dari wilayah Sumut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.
Selain perbatasan Sumut-Aceh, Kapolda juga telah memerintahkan Kasatwil untuk mengecek perbatasan Sumut-Sumbar. Personel dalam melakukan razia diminta menggunakan APD (alat pelindung diri) lengkap dengan sarung tangan, sepatu dan kacamata pelindung agar tidak terpapar virus Corona apabila saat melakukan razia ada masyarakat yang terindikasi gejala virus tersebut.
“Saya minta agar seluruh personel yang berjaga dan melakukan pemeriksaan melaksanakan secara persuasif dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh. Selain itu personel tetap menggunakan APD lengkap untuk menghindari penularan virus Corona,” ujar Kapolda.
Kemudian, Kapolda meminta unsur Forkopimda Kabupaten Langkat mengingatkan anggotanya masing-masing untuk taati protokol kesehatan dan selalu jaga kebersihan dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan gunakan masker saat keluar rumah.
“Kurangi aktivitas yang dapat menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak. Semoga wabah virus Corona ini segera berakhir, diminta seluruh masyarakat disiplin mentaati anjuran dari pemerintah,” ungkap Kapolda.
Kapolda berpesan, setiap kendaraan maupun masyarakat yang masuk diperiksa dengan baik namun tetap sopan dan humanis karena ini operasi kemanusiaan.
Dalam kesempatan itu, Kapolda juga memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat serta menyapa pemilik warung di perbatasan dan memberi imbauan untuk menaati protokol kesehatan agar terhindar dari wabah virus Corona. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *