Seorang Warga Kampung Perdamaian Kualasimpang Positif Covid-19

ACEH TAMIANG (bareskrim.com) | Pendemi Covid-19 belumlah selesai di Bumi Muda Sedia Aceh Tamiang. Menjelang H-2 Idul Fitri 1441 H, Jumat (22/05/20), terjadi penambahan satu orang kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status PDP terkonfirmasi positif 05 yang merupakan warga Kampung Perdamaian Kecamatan Kota Kualasimpang.



Informasi ini disampaikan dr Nizarli SpB selaku Ketua Tim Penanganan Covid-19 RSUD Aceh Tamiang dan dibenarkan oleh dr Hardekky selaku Tim Informasi Gugus Tugas Pengendalian dan Pencegahan Covid-19 Aceh Tamiang.

dr Nizarli menjelaskan, kronologi pasien yang kesehariannya berdagang, ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebab pada tanggal 17 Mei 2020, yang bersangkutan datang berobat ke IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang dengan gejala demam dan batuk, dari anamnesa diketahui penderita memiliki riwayat perjalanan ke Kota Medan Sumatera Utara sepuluh hari yang lalu.

Petugas medis RSUD Aceh Tamiang kemudian melakukan anamnesa dan rapid tes dengan hasil reaktif.

dr Nizarli juga menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan rapid tes, pemeriksaan lebih mendalam juga dilakukan pihak RSUD dengan pengambilan uji Swab Tenggorokkan sebanyak dua kali, dengan hasil Terkonfirmasi Positif Covid-19.

Tidak hanya itu, terkonfirmasi positif Covid -19 juga berdasarkan hasil pemeriksaan sampel Swab di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh yang dikeluarkan pada hari ini.

Sementara itu, menurut dr Hardekky, saat ini pasien melakukan isolasi mandiri di rumah, dan sudah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, gejala ringan batuk yg dialami sudah tidak ada.

“Terhadap pihak keluarganya juga sudah dilakukan rapid tes, dan hasil yang didapat non reaktif, untuk selanjutnya pasien dan pihak keluarga akan dilakukan pemantauan oleh pihak Puskesmas. Mari kita doakan agar pasien dan keluarga sehat wal’afiat, begitu juga masyarakat Aceh Tamiang,” lanjut Hardekky.

Di tempat berbeda Kabag Humas Aceh Tamiang selaku Juru Bicara Pemerintah Aceh mencatat perkembangan data penyebaran Covid-19 pada hari ini di Aceh Tamiang, tidak terdapat status ODP, namun pada status PDP dan Terkonfirmasi Positif Covid-19 masing – masing berjumlah 1 orang.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang tak bosan meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan bersama.

“Bagaimana keadaan bumi hendak pulih, jika manusianya tidak sadar dan tidak patuhi aturan yang berlaku. Memakai Masker dan hindari keramaian, terapkan social distancing serta stop untuk tidak mudik, bisa saja keluarga terdekat kita terjangkit Covid-19 dari mereka-mereka yang secara tidak sadar membawa pulang virus tersebut,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Polda Aceh melalui Dir Lantas Polda Aceh telah mengeluarkan perintah untuk menutup jalur keluar masuk Aceh di wilayah perbatasan, hal ini juga sebagai upaya untuk memutus penyebaran Covid-19, hendaknya usaha ini didukung bersama oleh masyarakat.

“Saya Lindungi Kamu, Kamu Lindungi Saya, tugas kita bersama menghentikan penyebaran Covid-19, khususnya di Aceh Tamiang,” cetus Devi. (wdm/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *