LBH Gelora Surya Keadilan Buka Posko Pengaduan Bagi UMKM Terintimidasi Oknum ‘Nakal’

MEDAN (bareskrim.com) | Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gelora Surya Keadilan membuka posko pengaduan bagi para pelaku UMKM yang mengalami intimidasi dari oknum-oknum nakal yang mencari keuntungan ditengah pandemi corona.


Hadirnya Posko Pengaduan LBH Gelora Surya Keadilan sebagai jawaban atas keluhan dan jeritan dari para pelaku UMKM yang kerap menjadi sasaran pemerasan dari oknum-oknum nakal berseragam maupun dari intansi terkait.

“Secara resmi posko telah dibuka beralamat di Jalan Kirana nomor 10 Medan. Kami (LBH Gelora Surya) akan dengan suka rela melayani pengaduan para pelaku usaha. Aspirasinya akan kita perjuangan semaksimal mungkin melalui jalur hukum,” ucap Ketua LBH Gelora Surya Keadilan, Surya Adinata SH MKn kepada awak media, Sabtu (4/7/2020).

Menurutnya, di tengah masa pandemi corona (Covid-19) dalam beberapa bulan ini berpengaruh besar terhadap jalannya usaha. Banyak pelaku usaha yang tidak dapat bertahan, mati suri dan ada juga yang hidup segan mati tak mau.

“Ditengah suasana krisis sekarang ini sudah seharusnya pemangku kebijakan maupun aparat penegak hukum mempunyai sense of crisis yang sama, perasaan yang sama. Tapi apalah daya, jauh panggang dari api, saat ini didapat informasi para pelaku UMKM kerap didatangi oleh petugas yang mengaku dari Krimsus Polda Sumut dan selanjutnya para pelaku UMKM menerima surat permintaan klarifikasi 1, Klarifikasi susulan dan hingga akhirnya dapat surat pemanggilan agar datang ke Polda dengan tujuan dipertanyakan segala macam ijin-ijin,” beber Surya.

Padahal di tahun 2018, sebut Surya, hal seperti ini sudah pernah terjadi, dimana para pelaku UMKM kerap diundang, dipanggil dengan dipertanyakan segala macam ijin-ijin dan akhirnya muncul oknum-oknum nakal yamg mengambil keuntungan pribadi.

“Walaupun pada akhirnya Kapolda saat itu mendengar keluhan para pelaku UMKM agar mereka dibina dan tidak untuk dibinasakan. Saat ini (2020), tidaklah heran hal tersebut terulang kembali, oknum-oknum nakal yang pada tahun 2018 pernah disebutkan dan dilaporkan pelaku UMKM secara langsung kepada Bapak Kapolda Sumut Paulus Waterpauw pada masa itu, ternyata masih tetap bercokol ditempat yang sama. Apakah petinggi Polda yang sekarang tidak tahu menahu tentang kejadian ini? Di tengah masa pandemi yang sudah membuat kesusahaan dunia usaha, maka perlu bagi para pelaku UMKM untuk saling mendukung dan agar sense of crisis dapat dirasakan juga oleh petinggi Polda terhadap pelaku UMKM di Sumatera Utara,” tandasnya.

“Diharapkan Posko Pengaduan ini dapat melayani keluhan bagi para pelaku UMKM yang telah didatangi, diundang ataupun diminta klarifikasi terhadap ijin-ijin dan jika ada yang telah diperas oleh oknum-oknum nakal segera adukan. Identitas akan kita rahasiakan,” imbaunya.

Untuk Narahubung Posko Pengaduan, yakni Ahmad Rijal/ Bhoy (Koordinator) dengan Hp/WA 08126440108; dan Dewi BG Sembiring Hp/WA 082365316930.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja yang dikonfirmasi wartawan mengomentari keresahan pelaku usaha terhadap oknum-oknum ‘nakal’ melalui pesan Whats App menjelaskan, kalau emang ada pelanggaran kewenangan akan diproses dan tindaklanjuti. (ucup/B)

2 tanggapan untuk “LBH Gelora Surya Keadilan Buka Posko Pengaduan Bagi UMKM Terintimidasi Oknum ‘Nakal’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *