Kapolda Ajak FKIB Bantu Polri Tanamkan Rasa Nasionalisme pada Masyarakat

MEDAN (bareskrim.com) | Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi didampingi Karo Ops Polda Sumut, Kombes Makmur Ginting dan Direktur Intelkam Polda Sumut, Kombes Ruslan Efendi audiensi dengan DPP Forum Kebhinekaan Indonesia Bersatu (FKIB) bertempat di ruang perjamuan Lantai II Mapolda Sumut, Senin (10/8/2020).

Turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Ketua Umum FKIB, Pemuka Agama Islam, Ustad Martono, Wakil Ketua Pemuka Agama Konhucu, WS. Djohan Adjudan, Sekjen Pemuka Agama Kristen, Pdt Huliman, Wakil Sekretaris Pemuka Agama Katholik, Beatus Muthe, Bendahara Pemuka Agama Hindu, Panindita I Wayan Sura serta Wakil Bendahara Pemuka Agama Budha, Pandita The Cincai.

Kunjungan kebangsaan DPP Forum Kebhinekaan Indonesia Bersatu disambut hangat Kapolda Sumut, dimana silaturahmi ini dapat menjadi sarana dalam meningkatkan rasa nasionalisme bagi masyarakat.

Kapolda mengatakan, dalam kurun waktu 75 tahun kemerdekaan Indonesia masih banyak yang mempertanyakan identitas bangsa dan belakangan ini banyak isu yang mengguncang rasa kebangsaan kita.

Berguncangnya rasa kebangsaan Indonesia disebabkan oleh kurangnya pengetahuan warga masyarakat mengenai akar dari terciptanya budaya Indonesia mulai dari bahasa, adat, dan lain sebagainya sehingga memudahkan masuknya budaya luar di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda mengajak FKIB membantu Kepolisian dalam menanamkan rasa kebangsaan kepada masyarakat Indonesia khususnya, Sumut serta menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga rasa nasionalisme.

Lanjutnya, dalam pembangunan rasa nasionalisme kepada masyarakat dapat dilaksanakan melalui seminar atau simposium bekerjasama dengan mengundang Polda Sumut.

“Ketertiban sosial tidak hanya tugas Polisi atau pemerintah, melainkan tugas kita bersama seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Kapolda.

Hal senada juga disampaikan Ketua FKIB Ustad Martono, audiensi ini untuk meningkatkan silaturahmi dan kerja sama antara FKIB dengan Polda Sumut dalam menanamkan rasa nasionalisme kepada masyarakat.

Kerja sama yang baik antara Kepolisian, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat menjaga situasi kamtibmas yang kondusif serta terciptanya kerukunan antarumat beragama khususnya, di wilayah Sumut. (rel/B/amri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *