Kapolda Bersama Forkopimda Bahas Penanggulangan Bencana Erupsi Sinabung

KARO (bareskrim.com) | Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanahkaro, Selasa (18/8/2020).

Dalam kunjungan kerja unsur Forkopimda Sumut ini dihadiri Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, dan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Bertempat di Makoramil/04, Kapoldasu, Pangdam I/BB, dan Gubernur Sumut langsung menggelar rapat terbatas dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Sinabung.

Dalam pemaparannya dihadapan Forkopimda Sumut, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Yuli Eko Hadiyanto, menerangkan unsur TNI dan Polri telah bekerja secara maksimal dalam menanggulangi bencana erupsi Gunung Sinabung.

“TNI dan Polri secara bersama-sama memantau situasi terkini kondisi Gunung Sinabung yang mengalami erupsi. Kita juga telah membuat jalur untuk menahan lahar dingin mengantisipasi adanya korban jiwa,” terangnya.

Yuli juga menerangkan, TNI dan Polri rutin membagikan masker kepada masyarakat agar terhindar dari penyakit inpeksi saluran pernapasan atas (ISPA) karena tebalnya abu vulkanik akibat semburan erupsi Gunung Sinabung. Tak hanya itu, personel juga telah melakukan pembersihan jalan, rumah ibadah yang tertutup abu vulkanik.

“Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk memasuki zona merah. Bahkan kita sudah menyiapkan lokasi pengungsian apabila kondisi Gunung Sinabung semakin memburuk,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin menyebutkan, akan menurunkan water cannon membersihkan abu vulkanik dalam upaya penanggulangan erupsi Sinabung. (rel/B/amri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *