Aceh TerkiniHeadlineIndeks

Tomas Bukit Tusam Minta Bupati Agara Batalkan Studi Banding Kades ke Lombok

KUTACANE (bareskrim.com) | Tokoh masyarakat (tomas) Bukit Tusam As’ari, meminta Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim, untuk membatalkan rencana Studi Banding, Sejumlah Kepala Desa ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 


“Studi banding ke Lombok menurut saya tidak ada gunanya dan berharap Bupati harus bijak untuk menanggapi hal ini,” kata As’ari, kepada awak media bareskrim.com, Kamis, 11 Maret 2021.

 



Studi banding yang menguras anggaran sebesar Rp 30 juta dari Anggaran Dana Desa (ADD) per desa itu lebih baik dialihkan untuk bantuan kepada masyarakat untuk permodalan ekonomi pasca Covid – 19. Ataupun mengalihkan anggaran itu untuk pembinaan kepada pemuda pemudi yang kreatif.

“Dengan angggaran segitu seharusnya sudah bisa kita bina pemuda – pemudi kita untuk kegiatan yang kreatif, hal dimaksud agar mereka jauh dari narkoba,” tuturnya.

BACA JUGA

Beritakan Jalan Nasional Agara Rusak | Wartawan Diancam ‘Potong’

Adapun terkait dana desa dianggarkan untuk pemberantasan narkoba diyakin Bupati Raidin Pinim akan membuat satu payung hukum. Hal ini agar Kepala Desa masing-masing dapat membuat kegiatannya sendiri tanpa harus dilaksanakan pihak ketiga.

“Dari segi geografis daerah kita, saya rasa keliru jika kepala desa studi bandingnya ke Lombok. Dan kegiatan ini terkesan hanya ‘liburan’ Kepala Desa,” tegas As’ Ari.

 



Sangat ironis, seakan dana desa tersebut terkesan milik pribadi Kepala Desa, padahal anggaran digelontorkan pemerintah pusat untuk kesejahteraan masyarat di tingkat desa.

“Pesan saya kepada Kepala Desa Kalau mau liburan, jangan menggunakan dana desa, namun uang pribadi,” jelasnya.

Tomas Bukit Tusam ini berharap, Bupati Aceh Tenggara mendengar aspirasinya. “Jangan sembarangan atau mendengarkan bisikan dari oknum-oknum agar mengeluarkan surat sakti sebagai payung hukum terhadap penggunaan dana desa yang kurang manfaat,” sebutnya. (ijal/B)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button