Aceh TerkiniHeadlineIndeks

Kunjung 68 Orang Perangkat Desa dari 17 Desa Kecamatan Badar ke Tomok Habiskan Anggaran Rp 510 Juta

KUTACANE (bareskrim.com) | Sebanyak 68 orang perangkat desa dari 17 Desa yang ada di Kecamatan Badar kabupaten Aceh Tenggara (Agara) dikabarkan melakukan ‘wisata’ ke Tomok, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan menggunakan anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp 30.000.000/desa. Kabarnya, 4 orang perwakilan perangkat desa diberangkatkan mengikuti acara wisata yang berlangsung selama 5 hari itu.

Jika dikalkulasikan secara kumulatif anggaran yang diserap untuk kunjungan wisata ke Tomok dari 17 Pemerintah Desa di Kabupaten Aceh Tenggara menelan dana Rp 510.000.000. Angka yang sungguh fantastis tersebut buat 17 desa yang ikut ke daerah Tomok.

 



“Lima ratus sepuluh juta lebih itu bukan jumlah uang yang sedikit, menurut saya ini jelas pemborosan anggaran dana desa yang belum tentu bermanfaat untuk masyarakat di Agara,” kata Reza Eka Patra, salah satu tokoh pemuda Agara kepada awak media bareskrim.com, Sabtu, 27 Maret 2021.

Masih banyak kegiatan lain yang lebih prioritas dan lebih diperlukan masyarakat kute (desa), terutama di bidang ekonomi kreatif, bantuan usaha kecil, pengadaan pupuk pertanian dan perkebunan serta kebutuhan lain, dibanding untuk kunjungan wisata ke Tomok yang tidak jelas manfaatnya.

Merujuk ke kegiatan bimtek ataupun kegiatan pelatihan desa yang sudah berlalu beberapa tahun belakangan ini, kita ketahui implementasi penggunaan anggaran desa belum berjalan maksimal.

“Saya memberikan tantangan kegiatan yang dilakukan di Tomok, harus ada output-nya juga bagi masyarakat desa di Kecamatan Badar,” tegas Reza.

Dilanjutkan, untuk per desa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari 4 orang, yaitu kepala desa, ketua BPK, pengurus BUMdes dan ketua PKK.

Demikian, ini sangat jelas kegiatan kunjungan tempat wisata ke Tomok. “Sejumlah kepala desa jelas hanya semata dalam rangka menghabiskan dana desa,” ucapnya.

Diketahui, adapun yang beredar dalam kunjungan kerja aparatur desa ke Tomok, Kabupaten Samosir tersebut akan berlangsung selama 5 hari sejak 25-29 Maret 2021.

Sapriadi selaku Camat Badar saat dikonfirmasi awak media bareskrim.com melalui pesan elektronik WhatsApp mengatakan, yang berangkat 17 desa, 4 orang per desa dengan 3 tempat kunjungan. “Pelaksana BKAD, dengan anggaran 30 juta rupiha per desa mulai hari Kamis perjalanan s/d Senin,” tulis pesan Camat. (ijal/B)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button