EdukasiHeadlineIndeks

Empati Lulusan UNIMED Ditantang di Era Pandemi

MEDAN (bareskrim.com) | Di era keterbatasan pandemi Covid-19 saat ini, para wisudawan Universitas Negeri Medan (UNIMED) dituntut untuk dapat memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran dibidang IT.

“Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Rektor UNIMED Dr Syamsul Gultom M.Kes dihadapan wisuda sarjana daring di kampus Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Rabu, 9 Juni 2021.

Kata Rektor, dengan berbagai aktivitas akademik yang sudah dilalui di UNIMED, maka wisudawan telah membentuk dirinya menjadi lulusan unggul yang memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

“Kami berharap secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri berbasis digital saat ini, agar lulusan terus mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif,” pintanya.

Lanjut Syamsul, masyarakat menaruh harapan besar kepada UNIMED untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan. 

“Kami yakin lulusan mampu bersaing di dunia kerja dan dapat hidup sukses yang lebih cemerlang. Karena, pimpinan saat ini juga sudah menetapkan terobosan baru untuk pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja,” tambahnya.

UNIMED sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Kampus Merdeka. “Kami berharap lulusan Unimed kedepan terus dapat bersaing dan tetap dinanti oleh dunia kerja,” ujarnya.

Kepada wisudawan, rektor berpesan agar  menjaga nama baik almamater yang telah membina dan membesarkan. 

“Tampilkan diri sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill dan soft skill yang baik, tetap jalin komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed terutama dengan sesama alumni di manapun berada,” katanya.

Selain itu, agar lulusan memberikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater.

“Bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat. Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis dan mari kita semua civitas akademika dan seluruh wisudawan, berkenan menjadi Duta dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di masyarakat,” jelasnya.

Unimed pada hari ini mewisuda 843 lulusan, berasal dari 102 Lulusan Pascasarjana, 71 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 174 Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni  77 Lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 206 Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam, 96 Lulusan Fakultas Teknik, 49 Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, 68 Lulusan Fakultas Ekonomi. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button