EdukasiHeadlineIndeks

Yang Berminat Masuk Unimed | Yuk Daftar Jalur Mandiri

MEDAN (bareskrim.com) | Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka pendaftaran calon mahasiswa melalui jalur mandiri untuk tahun ajaran 2021/2022.

Tahun ini, kuota yang tersedia adalah 2.250 atau 30% dari kuota keseluruhan mahasiswa baru tahun 202, yaitu 7.500 orang. Pendaftaran telah dibuka sejak 7 Juni dan akan ditutup 6 Juli mendatang.

Adapun pelaksanaan computer based test (CBT)/ujian tulis berbasis komputer (UTBK) adalah 8-12 Juli 2021 dan hasilnya akan diumumkan 17 Juli 2021.

“Jalur SNMPTN dan SBMPTN sudah selesai karena sudah diumumkan oleh LTMPT beberapa waktu yang lalu. Saat ini semua PTN sedang membuka proses pendaftaran jalur mandiri, termasuk di Universitas Negeri Medan,” jelas Rektor Unimed Syamsul Gultom dalam pesan elektroniknya yang diterima, Rabu, 16 Juni 2021.

Dijelaskan Syamsul, jalur mandiri Unimed 2021 adalah seleksi yang dilakukan secara objektif dengan menggunakan metode ujian CBT/UTBK. Bagi program studi ilmu seni dan keolahragaan diwajibkan membuat portofolio.

Adapun syarat pendaftaran yakni bagi siswa lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah. Bagi siswa lulusan tahun 2021 telah memiliki Surat Keterangan Lulus SMA/SMK/MA.

Selain itu, surat keterangan sekurang-kurangnya memuat informasi diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Sedangkan pendaftaran dilakukan secara online dapat dilihat pada laman www.unimed.ac.id. Alur pendaftaran, peserta melakukan registrasi ke laman http://sm.unimed.ac.id dengan membuat email dan password, selanjutnya digunakan untuk login agar bisa mengisi identitas diri, data sekolah dan program studi pilihan, kemudian peserta akan mendapatkan kode pembayaran dan selanjutnya melakukan pembayaran biaya tes di Bank BNI.

Kemudian, login kembali untuk mencetak kartu peserta ujian Seleksi Mandiri Unimed. Kemudian peserta mengikuti ujian sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian.

Untuk biaya seleksi ujian tertulis dan ujian keterampilan, yakni kelompok sains teknologi dan sosial humaniora sebesar Rp. 250.000 dan kelompok campuran sebesar Rp. 350.000.

Bagi peserta yang memilih prodi seni dan keolahragaan dikenakan biaya tambahan ujian keterampilan sebesar Rp 50.000 per prodi.

Dijelaskan Syamsul, peserta juga bisa mendaftar seleksi mandiri Unimed melalui beasiswa KIP-K dengan PIN dan KAP seleksi mandiri yang diperoleh dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Sedangkan bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki prestasi baik akademik atau non akademik dapat menggunakan prestasinya sebagai nilai tambah. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button