EdukasiHeadlineIndeks

UKM Jurnalis akan ‘Sulap’ Taman Edukasi Binjai Jadi Pusat Edukasi Eucalyptus

BINJAI (bareskrim.com) | UKM Jurnalis Medan akan membangun Pusat Edukasi Tanaman Pohon Eucalyptus di Taman Edukasi Binjai, Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara.

“Pembangunan Pusat Edukasi itu adalah suatu proses pembelajaran yang nantinya dilakukan bertujuan mendidik, memberikan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan potensi diri di dalam diri manusia, yang kemudian mewujudkan proses pembelajaran itu dengan lebih baik. Edukasi tanaman Eucalyptus ini merupakan wujud kerjasama UKM Jurnalis dengan Owner Taman Edukasi Binjai,” kata Ketua UKM Jurnalis, Fakhruddin, yang akrab disapa Kocu, Rabu, 4 Agustus 2021.

Disebutkan Kocu, Pusat Edukasi tanaman Eucalyptus ini, nantinya akan dibangun diatas lahan Taman Edukasi Binjai, dengan luas areal tanaman sekitar 2.000 M2.

“Sesuai gambaran layoutnya, taman edukasi eucalyptus memiliki fasilitas Workshop, dapur produksi penyulingan minyak atsiri eucalyptus, produksi sabun dan handsanitizer eucalyptus, serta ruang diskusi,” ungkap Kocu.

Dikatakannya, keberadaan pusat taman edukasi ini merupakan salah satu program jangka panjang UKM Jurnalis dalam memanfaatkan tanaman pohon Eucalyptus.

Apalagi, kata Kocu, UKM Jurnalis merupakan wadah yang fokus memproduksi sabun maupun handsanitizer yang bahan berasal dari tanaman Eucalyptus.

“Mungkin saat ini banyak masyarakat awam belum mengetahui apa itu Eucalyptus dan manfaatnya. Nah disini, kita nantinya akan mengedukasi masyarakat tentang manfaat dari eucalyptus tersebut. Dengan begitu masyarakat dapat mengetahui pasti fungsi dan manfaat dari tanaman Eucalyptus, terutama dimasa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara, Pemilik Taman Edukasi Binjai, Reza menyatakan, pihaknya sangat mendukung program UKM Jurnalis yang akan membangun pusat edukasi taman eucalyptus di areal Taman Edukasi Binjai.

Dukungan tersebut, kata Reza, pihaknya telah menyiapkan lahan lebih kurang seluas 2.000 M2 di areal Taman Edukasi.

“Saya menyambut baik, dan sekaligus mendukung wacana UKM Jurnalis dalam hal memperkenalkan tanaman eucalyptus di areal Taman Edukasi. Dengan demikian masyarakat akan tahu manfaat dari tanaman pohon Eucalyptus,” ujar Reza.

Untuk diketahui, saat ini wacana pembangunan taman edukasi eucalyptus juga mendapat dukungan dari pihak PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL).

Asisten Manager Corporation Communications PT TPL, Dedy Armaya mengatakan sebagai perusahaan HTI dengan bahan baku kayu eucalyptus perusahaan sangat mendukung wacana dan ide pembangunan taman edukasi eucalyptus oleh UKM Jurnalis.

“TPL akan siap memberi dukungan, minimal dalam menyediakan bahan baku daun eucalyptus sebagai bahan pembuatan minyak atsiri untuk produksi minyak dan sabun,” pungkas Dedy Armaya. (ani/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button