IndeksKriminalitas

Ini Alasan De’gam Martil Temannya hingga Tewas

DELITUA (bareskrim.com) | Kasus pembunuhan Muhamad Ilyas (32), seorang tenaga pendidik (guru) SD Darul Ilmi Murni warga Jalan Ekawarni Lingkungan 3 Kelurahan Gedumg Johor, Kecamatan Medan Johor, yang ditemukan tewas pada Jumat 3 September 2021 siang, terungkap.
Polsek Delitua berhasil meringkus pelaku pembunuh sadis itu setelah buron selama satu bulan.

Adalah KF alias De’gam (33), warga Jalan Ekawarni Gang KUD, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor yang merupakan teman korban sendiri, diringkus petugas Polsek Delitua pada Sabtu 9 September 2021 pukul 02.30 WIB di Jalan Brigjen Katamso Gang Nasional, Kelurahan Seimati, Kecamatan Medan Maimun.

Kapolsek Delitua, AKP Zulkifli Harahap kepada awak media mengatakan,  tersangka ditangkap berkat penyelidikan petugas di lapangan dan informasi masyarakat.

“Tersangka ditangkap saat berada di Jalan Barigjen Katamso Gang Nasional. Tersangka mengakui telah membunuh korban,” kata Kapolsek.

Disebutkan dia, ihwal terjadinya pembunuhan itu pada hari Jumat 3 September sekira pukul 13.15 WIB. Teman kerja korban tiba di rumah kontrakan kemudian memanggil korban namun korban tidak menyahut.

Selanjutnya teman korban memanggil pemilik kontrakan, dan berusaha memanggil korban namun korban tak juga menyahut. Pemilik kos dan teman korban mencium bau tak sedap dari dalam rumah sedangkan pintu rumah terkunci dari dalam. Setelah dibuka pakas akhirnya didapati korban telah tewas.

Kemudian temuan ini diberitahukan kepada Polsek Delitua. Mendapat informasi tersebut personel Polsek Delitua bergerak menuju ke lokasi melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) dan ditemukan korban telah tewas bersimbah darah dalam keadaan telungkup di kasur.

“Usai identifikasi petugas lantas mengevakuasi mayat korban ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk autopsi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan AKP Zulkifli bahwa, penyelidikan Unit Reskrim Delitua diduga yang melakukan pembunuhan terhadap korban adalah, KF alias De’Gam teman korban sendiri.

Pada hari Sabtu 9 Oktober 2021 sekira pukul 02.00 WIB Unit Reskrim Polsek Delitua mendapat informasi keberadaan tersangka di Jalan Brigjen Katamso Gang Nasional Kelurahan Seimati.

Mendapat info tersebut Unit Reskrim yang dipimpin oleh Panit Luar, Ipda Syawal Sitepu, SH langsung meluncur ke lokasi dan mengamankan tersangka. Diinterogasi, tersangka mengakui perbuatannya melakukan pembunuhan terhadap korban Muhammad Ilyas dengan cara memukul kepala korban dengan menggunakan martil.

Awalnya pada Selasa 31 Agustus 2021 sore tersangka membantu korban merapikan tempatbkos korban. Setelah itu tersangka dan korban ke tempat kos teman korban yang berada tidak jauh dari tempat kos korban. Kemudian sekira pukul 24.00 WIB tersangka dan korban kembali ke kosan langsung tidur. Sekira pukul 04.00 WIB tersangka terbangun dan terkejut melihat korban sudah menindih dan sudah menurunkan celana dan pakaian dalam tersangka dan hendak menyodomi tersangka. Karena tidak terima diperlakukan seperti itu tersangka meraih martil yang terletak di lantai dan langsung memukul kepala korban berkali kali sehingga korban tewas mengenaskan.

Selanjutnya tersangka mengambil handphone dan sepeda motor korban meninggalkan lokasi. Tersangka membuang martil di jembatan Jalan Ekasama Kanal.

Kemudian petugas melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti yang dibuang tersangka namun tersangka melakukan perlawanan dengan mendorong tubuh petugas.

Karena dianggap membahayakan, petugas lantas melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak tepat di kaki tersangka. Selanjutnya memboyongnya ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk perawatan medis.

Usai mendapat perawatan tersangka langsung diboyong bersama barang bukti ke Mako Polsek Delitua.(B/amri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button