IndeksMedan

Kapolda Sumut Pindahkan 306 Tahanan Inkrah ke Lapas Tanjunggusta

++MEDAN (bareskrim.com) | Sebanyak 306 tahanan berstatus inkrah yang berada di Polrestabes Medan telah dikirim (dipindahkan-red) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjunggusta Medan, Senin (6/12/2021) malam.

Adapun rincian tahanan yang dipindahkan itu, yakni Rutan Tanjunggusta 269 orang, Lapas Anak 11 orang, Lapas Perempuan 26 orang, tahanan titipan jaksa 29 orang.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (7/12/2021), mengatakan Rumah Tahanan Polrestabes Medan dihuni lebih dari 700 orang yang terlibat berbagai kasus kejahatan.

“Dari jumlah tahanan yang ada saat ini sudah over kapasitas, jadi sebanyak 306 tahanan yang sudah divonis dan statusnya inkrah kita pindahkan ke Lapas Tanjunggusta dan beberapa lapas lain di Medan,” katanya.

Hadi mengungkapkan, dalam pemindahan tahanan tersebut, Kapolda Sumut yang didampingi Wakapolda langsung memantau proses pemindahan dan sekaligus memastikan tahanan mendapat pelayanan yang baik.

Sebelum memindahkan para tahanan ke rutan, ratusan tahanan menjalani swab tes covid-19. Hal itu untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19. Setelah itu barulah para tahanan diberangkatkan menggunakan mobil angkutan Polda Sumut dan beberapa mobil tahanan lainnya.

“Langkah yang dilakukan Kapolda Sumut tidak lepas dari hasil anev kejadian beberapa waktu yang lalu ada tahanan yang meninggal dianiaya sesama tahanan sendiri. Jadi kita tidak ingin hal itu terulang kembali, Bapak Kapolda melihat, menganalisa dan evaluasi yang dilakukan malam itu dengan memindahkan kurang lebih 300 tahanan yang sudah memiliki ketetapan hukum,” kata Komisaris Besar Polisi Hadi Wahyudi.(rel/B/amri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button