IndeksMedan

Polsek Patumbak Gerak Cepat Redam Aksi Perkelahian Antarpemuda di Mariendal

PATUMBAK (bareskrim.com) | Gerak cepat Kapolsek Patumbak Kompol Faidir Chaniago dengan anggotanya mengantisipasi berkembangnya perkelahian antar-pemuda di Dusun VI dan Dusun VII Desa Mariendal II Kecamatan Patumbak patut diapresiasi.

Sebab, begitu mendapat informasi dari masyarakat lewat telepon seluler bahwa ada perkelahian antar-pemuda di wilayah Mariendal, Jumat (15/1/2022) malam, sang Kapolsek langsung memerintahkan anggotanya yang piket saat itu untuk mengecek kebenaran informasi tersebut melakukan ke lokasi dimaksud.

Setibanya di lokasi persisnya di Pasar IV Desa Mariendal II Patumbak, personel Polsek Patumbak menyaksikan ada sekitar ratusan warga ke luar rumah berdiri di sepanjang jalan akibat perkelahian antar-pemuda di desa tersebut.

Selanjutnya Kapolsek memerintahkan Kanit Sabhara dan Panit untuk mengumpulkan pemuda yang berkelahi pada malam hari tersebut agar dilakukan penyelesaian terhadap dua kubu pemuda yang sedang bertikai.

“Setelah kita berhasil meredam aksi perkelahian lalu dikumpulkan dan didata diketahui anak – anak muda tersebut rata – rata masih pelajar,” kata Faidir.

Pada saat kedua belah pihak yang bertikai dikumpulkan, kata Faidir, diketahui bahwa akar permasalahannya hanya gara – gara hal sepele yaitu salah satu pemuda mengendarai sepeda motornya dengan kencang dan ditegur oleh sekelompok pemuda lainnya yang sedang berdiri di pinggir jalan.

“Jadi si pengendara sepeda motor yang ditegur tidak menerima dirinya di tegur dan akhirnya terjadi perkelahian antara anak – anak muda yang ada di sana,” terang Faidir.

Lanjut Faidir, untuk melakukan mediasi penyelesaian permasalahan antar-pemuda tersebut, Polsek Patumbak mengumpulkan para pemuda yang bertikai di rumah kadus dan memanggil para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, Kadus VI dan VII serta FKPM dari Desa Mariendal.

“Setelah semuanya berkumpul dan membahas penyelesaian permasahan tersebut akhirnya kedua belah pihak yang berkelahi dapat di mediasi,” ucapnya.

Kedua belah pihak pemuda yang berkelahi bahkan sepakat tidak mengulangi lagi perbuatannya dan sama bersalaman saling memaafkan serta menanda tangani surat pernyataan.

“Dalam surat pernyataannya para pemuda pun sepakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Dusun VI dan Dusun VII Desa Mariendal II Kecamatan Patumbak,” sebut Faidir.

Akhirnya, masyarakat yang ada di Dusun VI dan Dusun VII serta tokoh masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Polsek Patumbak Polrestabes Medan atas respon cepat dalam menanggapi adanya laporan masyarakat dan dalam penyelesaian permasalahan perkelahian dua kelompok pemuda tersebut. Sehingga tidak berkepanjangan dan berkembang luas.(r/B/amri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button