EdukasiHeadlineIndeks

Rektor Lantik Pengurus Pusat IKA Unimed Periode 2020-2024 | Jafaruddin Harahap Terpilih Ketua Umum

Rektor Lantik Pengurus Pusat IKA Unimed Periode 2020-2024 | Jafaruddin Harahap Terpilih Ketua Umum — MEDAN (bareskrim.com) | Rektor Dr Syamsul Gultom SKM MKes melantik Pengurus Ikatan Alumni Universitas Negeri Medan (IKA Unimed) periode 2020-2024 dan sekaligus membuka Seminar Nasional dengan tema ‘Kolaborasi dan Sinergi Alumni Menapaki Peta Jalan Pendidikan Mewujudkan Indonesia Maju’.

Acara pelantikan dan seminar nasional digelar secara Luring di Hotel Grand Inna Medan, dan secara daring melalui aplikasi zoom meeting, berlangsung 17 Januari 2022.

Rangkaian kegiatan pada acara pelantikan pengurus IKA Unimed diisi dengan Seminar Nasional yang mengundang Ketua Senat Unimed Prof. Dr, Syawal Gultom, M.Pd., Anggota DPR RI Komisi X Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal SE, sebagai narasumber pada seminar nasional tersebut.

Ketua Panitia Agustian Sastrawan Harahap, S.Pd., M.Pd melaporkan, sebanyak 847 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut secara virtual, sementara itu secara luring dihadiri oleh 11 Pengurus Cabang IKA Unimed dari Kab/Kota.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Rektor I, II, III, dan IV, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga dan Kepala Biro di lingkungan Universitas Negeri Medan.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom, SKM., M.Kes menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus IKA Unimed yang dilantik sembari mengucapkan puji dan syukur atas terlaksananya acara pelantikan IKA Unimed periode 2020-2024 yang mana acara Pelantikan tersebut bisa di gelar secara langsung (luring) dan virtual (dalam jaringan).

Rektor mengutarakan, peran pada alumni perguruan tinggi adalah memberikan berbagai masukan dan kontribusi dalam pengembangan Unimed menjadi kampus terbaik, unggul dan maju.

“Peran alumni menjadi salah satu indikator pemeringkatan universitas versi QS University Ranking, begitu juga dalam klasterisasi perguruan tinggi yang dlaksanakan oleh Dikjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek RI. Pada proses ini reputasi alumni di dunia profesional menjadi penentu dalam pemeringkatan serta pengakuan reputasi bagi pemerintah dan masyarakat luas,” sebut Rektor.

Lebih lanjut Dr Syamsul Gultom mengatakan, manfaat alumni bagi perguruan tinggi sangat besar untuk keberlangsungan proses jangka panjang di berbagai hal. Terutama alumni yang memiliki posisi strategis di pemerintahan, perusahaan, lembaga, organisasi dan di tengah-tengah masyarakat, karenanya alumni mempunyai peran yang strategis untuk kemajuan kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan.

“Intinya selama input-nya bersumber dari yang baik, prosesnya pasti berada dijalan yang baik, jika output-nya melahirkan sesuatu yang baik maka outcome-nya tentu memberikan hal-hal yang baik dan benefit-nya pasti menghasilkan yang baik pula untuk diri, keluarga, dan masyarakat. Kita berharap semoga pelantikan IKA Unimed menjadi langkah awal untuk menghimpun kekuatan dan menjalin kebersamaan melalui IKA Unimed,” tuturnya.

Rektor Lantik Pengurus Pusat IKA Unimed Periode 2020-2024 | Jafaruddin Harahap Terpilih Ketua Umum-1

Disis lain Ketua Umum IKA Unimed Jafaruddin Harahap SPd MSi mengatakan, sebagai Alumni IKIP Medan yang sekarang telah bertranformasi menjadi Unversitas Negeri Medan bahkan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonsia, siap berperan sebagai mediator ditengah-tengah masyarakat untuk ikut mempromosikan dan memberikan kabar baik kepada masyarakat dan pihak lain,membangun kemitraan, membuka peluang kerja bagi sesama alumni melalui alumni yang telah berhasil di instansi pemerintah, perusahaan, lembaga dan lainnya.

Serta siap berperan sebagai fasilitator para alumni untuk temu bersama dan memberi masukan secara kontruksi untuk peningkatan mutu, perbaikan kurikulum, dan kualitas layanan akademik, serta juga memberikan bantuan secara meterial maupun immaterial.

Pada kesempatan itu, Prof Syawal Gultom menyampaikan, Ikatan Alumni Unimed harus menjadi pusat kemajuan pendidikan di Sumut.

“Saya meyakini potensi alumni universitas negeri medan dalam membangun sumatera utara khususnya dalam bidang pendidikan sangatlah besar. Alumni unimed saat ini selain menjadi guru, dosen, ada juga yang berlatar pekerjaan sebagai birokrat, pengusaha dan anggota dewan,” beber Prof Syawal.

Dengan keberagaman profesi tersebut tambah Prof Syawal Gultom, tentu lebih mudah dalam menentukan arah masa depan pendidikan di provinsi Sumatera Utara ini. Mulai dari kebijakan anggaran kebijakan strategis pendidikan, riset, dan pengembangan inovasi pendidikan.

“Alumni harus selalu berkolaborasi dan bersinergi. Sebab sinergi akan lebih mudah dalam meningkatkan akumulasi. Baik akumulasi jumlah anggota maupun akumulasi penambahan sumbangsih pemikiran, tentu untuk kemajuan pendidikan khususnya kemajuan universitas negeri medan,” ujar guru besar tersebut.

Adapun beberapa nama-nama pengurus IKA Unimed yang dilantik, yaitu Ketua Umum Jafaruddin Harahap, S.Pd., M.Si., Ketua Harian Dr. Budi Valianto, M.Pd., Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan Drs. Chairul Azmi, M.Pd., Ketua Bidang Keorganisasian Drs. Jonesman; Sekretaris Umum Suriyadi, S.Pd., M.Pd., Sekretaris Harian Dr. Hariadi, S.Pd., M.Kes., AIFO; dan Bendahara Umum Dra. Ellyen, M.Pd. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button