HeadlineIndeksSosial

Asian Agri Lakukan Pemugaran Makam Keramat Datuk Amang Kuning dan Ratu Mayang Sari

Asian Agri Lakukan Pemugaran Makam Keramat Datuk Amang Kuning dan Ratu Mayang Sari — JAMBI (bareskrim.com) | Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Royal Golden Eagle (RGE), melakukan pemugaran Makam Keramat Datuk Amang Kuning dan Ratu Mayang Sari yang berlokasi areal Lindung NKT, Desa Pinang Gading, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Kegiatan program Corporate Social Responsibility (CSR) Asian Agri dilakukan unit bisnisnya PT Inti Indosawit Subur (PT IIS) Grup Kebun Tungkal Ulu, berlangsung Senin, 21 Maret 2022, dihadiri Joko Rianto (Humas PT IIS Group Kebun Tungkal Ulu); Rudy Jasthon S (Koordinator CSR P3 AA); dan Parjono (Pengurus Makam Kramat Desa Pinang Gading).

Joko Rianto, Humas PT IIS Group Kebun Tungkal Ulu mengatakan, program ini merupakan bentuk kepedulian Asian Agri – PT IIS untuk menjaga kearifan lokal, agar tetap lestari.

“Kami harapkan bantuan ini bisa bermanfaat untuk menjaga kelestarian makam keramat Kuburan Panjang Datuk Amang Kuning dan Ratu Mayang Sari sebagai warisan leluhur kita,” ungkap Joko.

Rudy Jasthon S, Koordinator CSR P3 Asian Agri menambahkan, bahwa beragam program CSR telah dilakukan untuk masyarakat khususnya Kecamatan Merlung. Dan kali ini, program CSR Asian Agri berupa pemugaran Makam Keramat.

“Makam ini kita pugar demi kelestariannya, usulan yang diminta Kepala Desa telah kita penuhi hari ini, kita akan memperbaiki semua atap dan cor semen yang rusak serta menggantikan plang dengan yang permanen,” ujar Jasthon.

Kuburan Panjang Datuk Amang Kuning dan Ratu Mayang Sari adalah makam keramat peninggalan masa lampau yang selalu disinggahi oleh masyarakat.
“Kita berharap makam leluhur ini dijaga dan dirawat agar tidak rusak keberadaannya, demi kelestariaan identitas budaya lokal,” sebutnya.

Sementara itu, Parjono warga Desa Pinang Gading berterima kasih kepada perusahaan PT IIS Kebun Tungkal Ulu yang telah memberikan bantuan Pemugaran Kuburan Panjang Datuk Amang Kuning dan Ratu Mayang Sari.
“Kami akan menjaga kondisi makam agar tetap baik dan terawat,” ucapnya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button