Aceh TerkiniHeadlineIndeks

Ketua APDESI: Kepala Desa Ujung Tombak Kemajuan Suatu Daerah

Ketua APDESI: Kepala Desa Ujung Tombak Kemajuan Suatu Daerah — KUTACANE (bareskrim.com) | Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia Kabupaten Aceh Tenggara (APDESI Agara) secara resmi menggelar rapat kerja, Senin, 23 Mei 2022.

Rapat kerja untuk pertama kalinya itu digelar di kantor DPC APDESI beralamat di Desa Tanah Merah, Kecamatan Badar persisnya di kawasan komplek kantor Bappeda Agara.

Ketua DPC APDESI Agara, Muslim didampingi sejumlah pengurus mengatakan kepada awak media bareskrim.com, rapat kerja perdana ini untuk menyerap aspirasi dan masukan dari seluruh pengurus.

“Kami yang berprofesi sebagai kepala desa serta perangkat desa yang tergabung dalam APDESI kedepannya dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” sebutnya.

Karena, seharusnya kepala desa yang merupakan pemimpin pemerintah terbawah dan menjadi ujung tombak kemajuan suatu daerah, perlu adanya sinergitas dengan semua pihak ditengah-tengah masyarakat.

Pasca hadir di Aceh Tenggara, APDESI akan membentuk kepengurusan pada 16 kecamatan. “Tetapi Surat Keputusan (SK) dari pusat belum diterima, untuk itu kami akan melakukan proses cepat demi keabsahan dan legalitas ke depan,” bebernya.

Dalam menjalankan tugas di lapangan, tambah Muslim, akan menyusun langkah dan program kerja, terutama bagaimana APDESI bisa berjalan maksimal, seperti iuran dan sumber anggaran yang tak mengikat.

Kata dia, misi utama APDESI Agara, kita akan memberikan kedudukan terhormat kepada para kepala desa beserta perangkatnya, tanpa ada tekanan dari pihak manapun terutama dalam pengelolaan dana desa.

Menurut Muslim, pasca terbentuknya APDESI priode 2022-20227, progam 100 hari kerja kedepan mendorong pengurus segera merampungkan segala sesuatu ditingkat kecamatan.

“Mewacanakan program kegiatan Lemhamnas dan utama memberikan kedudukan terhormat kepada kepala desa atas kewenangannya,” jelas Muslim.

Kata dia, kehadiran APDESI kedepannya akan berupaya penuh menjadi advokasi terhadap kepala desa dalam menjalankan tugasnya. (ijal/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button