HeadlineIndeksKriminalitasMedan

Antisipasi Penyakit Kuku dan Mulut | Polrestabes Medan Cek Peternakan Sapi

MEDAN (bareskrim.com) | Polrestabes Medan bersama Dinas Pertanian dan Hewan Kota Medan melakukan pengecekan peternakan sapi terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Rabu (25/5/2022).

Pengecekan itu dilakukan Kabaq Ops Polrestabes Medan AKBP Arman Muis SH SIK, MM didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa SIK MH terhadap kandang lembu milik Pak Hardip Sing di Jalan Mawar Gg. Keluarga No. 53 Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia.

“Kegiatan pengecekan ini dilakukan
untuk antisipasi maupun mendeteksi dini terhadap penyakit mulut dan kuku ternak sapi di wilayah kota Medan,” jelasnya.

Dari hasil pengecekan itu, Kabag Ops menyebutkan lembu yang dimiliki Pak Hardip sebanyak 25 ekor dan anak lembu sebanyak 8 ekor yang seluruhnya dalam keadaan sehat.

“Kepada peternak sapi juga telah diberikan himbauan apabila ada gejala dapat terhadap ternak nya segera melaporkan kepada petugas Satgas,” pesannya.

Sementara Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa SIK MH mengatakan kegiatan sambang dan pengecekan, disamping untuk mendapatkan data akurat dari lapangan juga untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Masyarakat tidak perlu panik, apabila menemukan kasus penyakit mulut dan kaki didaerahnya, bisa melaporkan ke Polsek, Bhabinkamtibmas maupun Dinas terkait, sehingga bisa segera ditangani secara cepat dan tepat,”kata Kompol Teuku Fathir.

Dalam kesempatan tersebut Kasat Reskrim meminta kepada seluruh pihak agar selalu berkoordinasi dan menjaga kebersihan kandang maupun hewan ternaknya.

“Sehingga kasus penyakit mulut dan kaki terhadap ternak sapi tidak menyebar di wilayah kota Medan,” ucapnya.

Pada kegiatan pengecekan itu turut hadir petugas Sub Koord Kes Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ir. Nurhayati Siregar serta Sub Koord Kes Hewan Kota Medan Dr Nike Lasti Lubis. (nico/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button