EkonomiHeadlineIndeks

Inilah Bukti Pengadian Dosen Unimed Membantu UMKM di Medan Marelan

Inilah Bukti Pengadian Dosen Unimed Membantu UMKM di Medan Marelan — MEDAN (bareskrim.com) |
Kelompok Dosen Unimed melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan.

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada Juni – November 2022 ini dengan tema “Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) berbasis online dan rekayasa produk bunga telang di Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan”.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam meningkatkan keberhasilan usaha Bunga Telang. Pengabdian ini memberikan bantuan dari segi promosi atau pemasaran berbasis online dan penerapan rekayasa produk berbahan bunga telang.

Kelompok dosen pelaksana pengabdian masyarakat ini diketuai Dr. M. Surip, M.Si. dengan anggota Dr. Syairal Fahmy Dalimunthe, M.I.Kom, Raden Burhan SND, S.Pd. M.Ds. M. Anggy J. Daulay, S.S., M.Hum. Dibantu lima orang mahasiswa, yakni Eliza Olga Pramita, Voni Sepianti, Calvine Williams, Ika Haryanti Hutasoit, dan Jefri Fernando Purba. Sedangkan pemilik UMKM Bunga Telang adalah Sri Asmiaty D. dan Faisal Lubis.

Usaha bunga telang yang dilakukan oleh Sri Asmiaty dan Faisal Lubis dilatarbelakangi oleh kondisi awal pandemi Covid-19 tahun 2019, yang mana saat itu semua pekerja diminta untuk bekerja dari rumah (WFH).

Sehingga mereka memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah, ditambah berdasarkan membaca berbagai artikel ilmiah tentang bunga telang. Salah satu kasiat bunga telang ini adalah bisa menjadi obat Covid-19.

Selain itu, kasiat bunga telang ini dapat mengatasi berbagai penyakit, diantaranya asam urat, hipertensi, kolesterol, diabetes, asma, asam lambung, meningkatkan vitalitas, batuk, sinusitis, alergi, kesehatan mata, insomnia, sariawan, meremajakan kulit, melancarkan haid, kesehatan jantung, mencegah obesitas, pewarna makanan alami.

Produk utama berbahan bunga telang yang sudah dipasarkan manual dari mulut-kemulut ini dalam bentuk seduhan minuman berbahan bunga telang, seperti menuman teh. Ada juga dalam bentuk pewarna makanan, meniman es, pudding dan makanan rumahan lainnya.

Dr. M. Surip, selaku Ketua Pengabdian saat kunjungan awal di UMKM Bunga Telang mengatakan, kelompok dosen Unimed didukung oleh LPPM Unimed melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha dalam meningkatkan pemasaran usahanya.

Salah satu kendala usaha Bunga Telang ini belum maksimal adalah dari sisi keterbatasan pemasaran dan kemasan yang menarik konsumen untuk membeli produk ini.

“Atas dasar itu, kami dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus dalam menyahuti kendala yang dialami oleh pelaku usaha bunga telang. Melalui kegiatan ini, kita akan upayakan membantu dari sisi pemasaran dan promosi dalam penjualan online. Kami akan bantu usaha ini masuk diaplikasi penjualan online Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada, setelah kita desain produknya menjadi lebih menarik. Kita juga akan membantu dari sisi kemasan atau packaging yang dapat menarik minat pembeli untuk menikmati produk bunga telang ini untuk kesehatan. Kami akan melakukan pendampingan beberapa kali, agar UMKM bunga telang ini dapat semakin meningkat dan sukses usahanya,” sebut Kepala Humas Unimed, Dr M Surip.

Sri Asmiaty D, selaku pemilik usaha bunga telang mengatakan, kami sangat senang dan sangat berterima kasih atas kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen-dosen dan mahasiswa Unimed di usaha bunga telang yang kami geluti.

Semoga dengan kegiatan ini usaha kami semakin berhasil dan membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat. Kami senang kegiatan pengabdian ini akan membantu dari sisi pemasaran/promosi dan mendesain packaging agar lebih menarik konsumen.

“Kami berterimakasih kepada LPPM Unimed, dosen dan para mahasiswa yang telah membantu kami. Semoga Unimed makin maju dan dapat terus membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat. (rel/ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button