IndeksMedan

Kapolda Sumut Pantau Lokasi Kebakaran Hutan dari Udara

MEDAN (bareskrim.com) | Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan, Senin (8/8/2022).

Dengan menggunakan helikopter, Kapolda Sumut bersama para pejabat utama meninjau lokasi kebakaran hutan dari udara dan tiba di Lapangan SMP Negeri 1 Sianjur Mula-Mula Desa Sarimarihit Kecamatan Sianjur Mula-Mula Kabupaten Samosir.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut menggelar rapat bersama Polres Samosir dan jajaran serta unsur Forkopimda Kabupaten Samosir.

Kapolda Sumut mengatakan, penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Samosir harus dilakukan secara terintegrasi dengan baik dan tidak dikerjakan sendiri-sendiri mengingat kejadian ini telah terjadi secara terus menerus.

“Kebakaran hutan dan lahan akan merusak kampung kita, maka jangan bosan -bosan mensosialisasikan kepada masyarakat. Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan pemerintah desa harus turun langsung melakukan patroli. Bangun mekanisme cara penanganan yang terpadu,” ujar Kapolda Sumut.

Menurutnya, kebakaran ini bukan kebakaran biasa tapi disengaja untuk membuka lahan, maka Kepala Desa harus menyampaikan kepada masyarakat untuk membuka lahan dengan cara-cara yang baik tanpa harus membakar.

“Membangun kesadaran masyarakat itu yang paling utama dan langkah upaya pencegahan harus diutamakan. Tidak ada kita yang hebat yang hebat itu adalah kebersamaan. Maka mari kerjakan upaya penanganan ini secara bersama-sama,” pungkas Kapolda Sumut.(r/B/amry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button