HeadlineIndeksPolitik

Prajurit Baret Jingga Terlibat Pertempuran di Bandara Pinang Kampai

Prajurit Baret Jingga Terlibat Pertempuran di Bandara Pinang Kampai — DUMAI (bareskrim.com) | Pesawat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara menerjunkan Ratusan Prajurit Baret Jingga dilangit bandara Pinang Kampai, tepat saat jelang fajar tiba, Selasa, 23 Agustus 2022.

Usai mendarat dibandara Pinang Kampai, Prajurit Baret Jingga, juga tak luput terlibat pertempuran sengit dan baku tembak dengan musuh, sehingga membuat kepanikan warga dan para calon penumpang pesawat yang ada di dalam bandara Pinang Kampai.

Dengan kemampuan tak tik tempur yang dimiliki oleh Prajurit Baret Jingga, kemudian tak memerlukan waktu cukup lama untuk menguasai Bandara Pinang Kampai dari para musuh.

Setelah menguasai Bandara Pinang Kampai, unit dari Detasemen Pertahanan udara dengan sigap menggelar formasi pertahanan udara, guna mengantisipasi serangan udara dari musuh.

Setelah itu, satuan tempur melaksanakan pertahanan pangkalan serta melakukan patroli keamanan untuk menetralisir adanya sisa-sisa kekuatan musuh dibandara Pinang Kampai.

Peristiwa pertempuran Baku Tembak di Bandara Pinang Kampai, oleh Ratusan Prajurit Baret Jingga tersebut, bukanlah sebuah kenyataan, akan tetapi kegiatan Simulasi yang dilaksanakan oleh Prajurit Wing Komando III Kopasgat dengan sandi “Hardha Marutha III” saat menggelar latihan Hardha Marutha III tahun 2022, di Bandara Pinang Kampai Riau.

Komandan Wing Komando III Kopasgat, Kolonel Pas Banu Kusworo selaku direktur latihan mengatakan bahwa latihan ini adalah latihan yang rutin dilaksanakan di jajaran Kopasgat, Simulasi bertujuan untuk mengasah kemampuan para prajurit, khususnya prajurit Wingko III Kopasgat. Sehingga mampu dihadirkan sesuai fungsi untuk tuntaskan misi dalam menghadapi dinamika yang berkembang secara profesional.

“Ini latihan puncak setingkat Wing Komando yang dalam latihan ini disimulasikan Satgas Wing Komando III Kopasgat ditugaskan untuk merebut Bandara Pinang Kampai yang dikuasai musuh,” kata Kolonel Pas Banu Kusworo.

Banu Kusworo menambahkan, dalam latihan simulasi tersebut yakni menggunakan 2 pesawat C130 dan 1 pesawat CN295.

“Ratusan prajurit Wingko III Kopasgat pagi tadi diterjunkan ke daerah sasaran mengunakan Pesawat C130 dan 1 Pesawat CN295. dengan waktu yang singkat Prajurit berhasil menguasai Bandara Pinang Kampai dilanjutkan dengan pengendalian dan pertahanan pangkalan,” ucap Banu Kusworo Selaku Komandan Wing Komando III Kopasgat.

Kegiatan Simulasi Pertempuran dilaksanakan oleh Prajurit Wing Komando III Kopasgat dan latihan tersebut adalah latihan puncak setingkat Wing Komando yang dipimpin oleh Komandan Wing Komando III Kopasgat, Kolonel Pas Banu Kusworo.

Latihan ini turut melibatkan seluruh unsur satuan jajaran baik dari Wing Komando III Kopasgat, Detasemen Matra 2 Kopasgat dan unsur Pesawat Udara dari Skadron Udara 31.

Sementara itu, pada kegiatan Simulasi latihan tersebut turut dihadiri Asops Kopasgat Kolonel Pas Sonruta Tambunan, S.I.P.,M.Tr (Han), Kolonel Pas Rudi Hasiholan Aritonang, M.Han., Pejabat TNI Polri dan Pejabat Daerah wilayah Dumai. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button