EkonomiHeadlineIndeks

Tips Membuat Web Toko Online untuk Pemula

Tips Membuat Web Toko Online untuk Pemula — DUNIA┬ábisnis seakan terbantu dengan adanya koneksi internet, saat ini banyak para umkm yang menggunakan atau memanfaatkan dunia online untuk membuka lapak toko online.

Salah satu caranya ialah dengan membuat web bisnis khusus toko online dengan produk yang sudah di sediakan sebelumnya. Namun kita tahu bahwa membuat web bisnis tidak lah mudah.

Maka dari itu di ulasan kali ini kami akan share bagaimana cara membuat web bisnis yang professional, berikut info selengkapnya:

#1. Membeli domain dan menyewa hosting untuk website toko online Anda

Sebelumnya telah dijelaskan tentang apa itu domain website. Lalu, apa itu hosting? Hosting adalah tempat dalam jagat maya untuk Anda menaruh domain dan konten-konten website Anda. Jadi, jika domain itu adalah alamat, hosting adalah lahan di mana toko Anda berdiri. Tanpa adanya hosting, Anda tidak akan bisa memiliki online shop.

Beruntungnya, kini Anda bisa dengan mudah membeli domain dan menyewa hosting karena penyedianya sudah sangat banyak seperti niagahoster ini dengan paket sewa VPS Indonesia yang murah. Sebelum membeli domain dan hosting, pastikan Anda melakukan komparasi harga terlebih dahulu sebelum memutuskan pilihan.

#2. Memasang Content Management System (CMS)

Setelah memiliki domain dan hosting, maka Anda perlu memasang Content Management System (CMS). Dengan adanya CMS, Anda akan jadi lebih mudah dalam mengatur konten dan tampilan dari website Anda. Salah satu CMS yang umum digunakan oleh toko online adalah WordPress karena terkenal mudah digunakan.

#3. Pasang plugin khusus untuk website toko online

Setelah Anda memasang WordPress sebagai CMS, maka lanjutkan dengan menginstal plugin khusus toko online seperti WooCommerce.

Dengan menggunakan WooCommerce, Anda bisa menggunakan beragam fitur yang mampu membuat toko online Anda semakin intuitif. Untuk memulainya, Anda perlu mengisi beberapa data pelengkap seperti alamat toko, mata uang yang digunakan, dan jenis produk yang akan Anda jual.

Kemudian, Anda akan diminta memilih metode pembayaran yang ingin diinstal pada website Anda. Pilihan standarnya adalah PayPal, tapi Anda juga bisa menambahkan metode pembayaran lain di kemudian hari. Setelah itu, Anda bisa memilih mengatur berapa besaran tarif pengiriman produk.

#4. Isi konten-konten toko online Anda

Langkah selanjutnya adalah mengisi konten untuk online shop Anda. Untuk menambahkan produk, klik menu Product, lalu pilih Add New.

Kemudian, Anda akan diminta untuk melengkapi informasi soal produk tersebut. Mulai dari nama, harga, deskripsi produk, kode produk, kategori produk, hingga foto produk. Anda juga bisa menambahkan data-data seperti berat produk untuk memudahkan penghitungan biaya kirim yang harus dibayar oleh pelanggan.

#5. Gunakan payment gateway

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masyarakat Indonesia menyenangi fleksibilitas pembayaran. Untuk itu, Anda sebaiknya menginstal plugin payment gateway tambahan yang mengakomodir kebutuhan pelanggan Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, kini sudah ada beberapa perusahaan yang fokus menyediakan payment gateway bagi toko online, seperti Midtrans. (adv/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button