Aceh TerkiniHeadlineIndeks

Cegah Stunting | UPTD Pukesmas Lawe Sumur Beri Tambahan Asupan Gizi & Vitamin Bagi Remaja Putri dan Ibu Hamil

Cegah Stunting | UPTD Pukesmas Lawe Sumur Beri Tambahan Asupan Gizi dan Vitamin Bagi Remaja Putri & Ibu Hamil — KUTACANE (bareskrim.com) | Pencegahan stunting terus dilakukan Puskesmas Lawe Sumur Kabupaten Aceh Tenggara. Salah satunya dengan kunjungan dan pelayanan untuk pencegahan stunting yang digelar di sekolah dan ke desa-desa.

Stunting adalah masalah kurang gizi yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi. Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kepala UPTD Pukesmas Lawe Sumur, Widya Wati SKM MKM kepada awak media bareskrim.com mengatakan, jumlah stunting di Kecamatan Lawe Sumur tahun 2021 sebanyak 141 orang.

“Kemudian, pada tahun 2022 ini dilakukan berbagai upaya seperti penambahan gizi dan pemberian makan tambahan dan vitamin tablet penambah darah. Angka stunting di 18 desa yang ada di Kecamatan Lawe Sumur diperkirakan berkurang menjadi 37 orang,” sebutnya.

“Kami terus lakukan pendataan bagi ibu hamil dan balita, sampai saat ini masih menjadi ancaman buat masa depan anak-anak. Stunting disebabkan kekurangan asupan gizi seimbang yang cukup lama mengakibatkan tumbuh-kembang anak terhambat dan menyebabkan tinggi badan anak menjadi rendah dan pendek (kerdil),” bebernya.

Terkait itu, para petugas Puskesmas Lawe Sumur gencar terjun ke lapangan melakukan kunjungan atau pantauan ke rumah – rumah untuk melakukan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat-badan bayi.

“Para petugas kami terus berupaya melakukan pencegahannya. Khususnya di saat bayi sejak dalam kandungan kita berharap di tahun 2023 status stunting dapat tereliminasi,” ucap Widya Wati, Kepala UPTD Pukesmas Lawe Sumur. (ijal/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button