Indeks

Wakapolda Sumut Buka Acara Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Polda Sumut T.A. 2022

MEDAN (bareskrim.com) | Wakapolda Sumut Brigjen Pol Drs Jawari, S.H., M.H membuka secara resmi acara Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Polda Sumut T.A. 2022 di Ballroom Kartika Le Polonia Hotel Medan, Rabu (18/1/2023).

Tampak hadir Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Drs. Armia Fahmi, M.H., Kabid Keu Kombes Pol Takwil Ichsan, S.E., A.k., M.Si., sejumlah pejabat utama Polda Sumut, Kabid Pembinaan Akutansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb Provsu Ibu Frisda Agriani Ambarita, Kepala KPPN Medan Jordan, Wakil Pimwil BRI Kanwil Medan Riadi Arif Aladin, Pimpinan Cabang BRI Iskandar Muda Eko Jaya Putra, Pimpinan Cabang Bank BTN Medan Carly, Pimpinan BNI Medan Rubianto Kamil, Operator Pengembang Fungsi Keu dan Logistik Polda Sumut dan Kasubbid BIA APK Bid Keu AKBP Juniar Simanjuntak, S.Si., M.Si.

Menurut Kabid KeU Poldasu, kegiatan Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Polda Sumut T.A. 2022 untuk menyajikan laporan yang benar, akuntabel, transparan dan tepat waktu. Tujuan kegiatan Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Polda Sumut T.A. 2022 yaitu untuk mempertahankan opini WTP laporan keuangan Polri dari BPK RI yang kesepuluh kalinya.

Wakapolda Sumut dalam sambutannya mengatakan, laporan keuangan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka meminimalisir kesalahan dan menghindari adanya temuan dari BPK RI. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk menyajikan laporan keuangan Polri yang berkualitas, guna mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dimana hingga saat ini, Polri telah meraih 9 (sembilan) kali berturut-turut predikat WTP sejak tahun 2013 hingga tahun 2021.

“Untuk prestasi tersebut, atas nama pimpinan Polri saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, atas dedikasi dan kerja keras dari seluruh pelaksana fungsi keuangan dan Simak BMN, sehingga laporan keuangan Polri dapat meraih predikat WTP beberapa kali berturut-turut,” ujar Wakapolda Sumut.

Diharapkan, semoga pada tahun ini Polri dapat mempertahankan kembali opini WTP, sehingga kredibilitas Polri semakin meningkat dan dipercaya oleh masyarakat dalam mengelola keuangan negara yang akuntabel, transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Wakapolda Sumut menegaskan, pastikan permasalahan pada laporan keuangan Triwulan III dan temuan pada kegiatan supervisi maupun asistensi oleh Bidkeu telah ditindaklanjuti dan tercatat pada keuangan Polri. Pastikan pencatatan transaksi belanja dan BMN telah sesuai dengan ketentuan dengan mengikuti perubahan regulasi maupun aplikasi yang telah disempurnakan oleh Kementerian Keuangan RI.

“Lakukan koordinasi yang baik dengan satuan atas maupun dengan Kementerian Keuangan RI sesuai dengan tingkatan masing-masing dalam mencari solusi setiap permasalahan. Optimalkan peran aparat pengawas intern pemerintah (APIP) baik dari Itwasda maupun Kasiwas dalam menjaga keandalan penyajian dan kualitas laporan keuangan baik pada tingkat satker maupun tingkat wilayah,” imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cenderamata kepada tamu eksternal Bidang Keuangan Sumut serta pemberian penghargaan dan hadiah kepada 3 Satwil dengan nilai IKPA terbaik :
1. Polres Tapanuli Tengah dengan nilai 100.
2. Polres Pematangsiantar dengan nilai 100.
3. Polres Dairi dengan nilai 99,34.(r/B/amr)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button