IndeksSosial

TJSL Toba Pulp Sentuh Pipanisasi Air Bersih Huta Nagodang

TJSL Toba Pulp Sentuh Pipanisasi Air Bersih Huta Nagodang — TOBA (bareskrim.com) | Tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan PT Toba Pulp Lestari (TPL) terus dijalankan melalui program sosial, seperti pembangunan infrastruktur untuk mendukung aktivitas masyarakat, terkhusus masyarakat pedesaan yang berada di wilayah operasional perusahaan.

Salah satu diantaranya yaitu dukungan Pembangunan Pipanisasi Air Bersih Sepanjang 950 meter kepada masyarakat Dusun Huta Nagodang, Desa Tangga Batu I, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba baru-baru ini.

Dukungan ini dibangun dengan tujuan untuk membantu kebutuhan akses air bersih rumah tangga yang ada di Dusun Hutanagodang.

Akses air bersih warga disalurkan melalui sumber mata air perbukitan, dengan membangun bendungan di sekitar mata air di kawasan hutan, selanjutnya disalurkan ke pemukiman melalui pipanisasi untuk dimanfaatkan warga. Karena selama ini akses air bersih masyarakat terbilang cukup sulit dan jarak sungai juga cukup jauh.

“Sumber air warga selama ini lebih sering mengambil dari sungai. Sebelumnya sudah ada bangunan pipanisasi yang lama, tapi tidak berjalan maksimal dan pipanya rusak sehingga airnya kecil. Oleh karena itu tidak sanggup memenuhi kebutuhan air bersih semua warga,” ujar Tarigan Rumapea, salah seorang tokoh masyarakat Dusun Hutanagodang.

Ia mengucap syukur dan berterimakasih kepada TPL yang telah memberikan dukungan ini. “Sekarang kami tidak kesulitan lagi mengakses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,“ ucap Tarigan Rumapea.

Bahkan salah seorang tetua dusun Op. marga Rajagukguk mengungkapkan, riwayat sakit ginjal yang pernah dialami membuatnya tidak boleh sembarangan meminum air apalagi yang berasal dari sungai atau keran. Namun setelah adanya pembangunan ini, beliau kini dapat meminum air yang berasal dari pipanisasi air bersih ini.

Kepala Desa Tangga Batu I, Rianto Sitorus turut mengapresiasi dukungan ini, sebab pasokan air bersih paling dibutuhkan sehingga hal ini menjadi solusi ditengah kebutuhan warganya.

“Terealisasinya dukungan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Kini keseharian masyarakat sudah banyak memanfaatkan pasokan air, mandi, mencuci dan keperluan rumah tangga. Bahkan program pipanisasi TPL juga memberikan peluang peningkatan perekonomian warga, seperti pengairan ke sawah atau ladang. Terima kasih kepada TPL, ke depannya dukungan ini akan dijaga dengan baik,” sebut Rianto.

Hema Butar-butar, Community Development (CD) Officer didampingi Harapanto Sinaga, staf Humas TPL menjelaskan, perusahaan akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasional TPL.

“Air merupakan kebutuhan yang penting bagi kehidupan. Perusahaan menyadari akan hal itu dan segera merealisasikan kebutuhan masyarakat di dusun Huta Nagodang ini,” cetus Hema, Senin, 10 April 2023.

Melalui dukungan ini, tambah Hema, TPL hadir dan berkontribusi bersama masyarakat, semoga seiring waktu kualitas hidup masyarakat pun dapat meningkat.

“Harapannya dukungan pipanisasi ini dimanfaatkan dan dirawat sebaik-baiknya oleh masyarakat,” jelas Hema. (rel/B)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button