IndeksPolitik

Abyadi Siregar Digadang-gadang Sebagai Kandidat Wakil Gubernur Sumut

Abyadi Siregar: Tanpa Media, Ombudsman Tak Ada Apa-apanya

Abyadi Siregar : Tanpa Media, Ombudsman Tak Ada Apa-apanya — MEDAN (bareskrim.com) | Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar mengatakan, tanpa bantuan media Ombudsman takkan ada apa-apanya. Berbagai persoalan penyelenggaraan pelayanan publik di instansi-instansi yang ditangani Ombudsman, juga tidak akan terinformasi ke masyarakat dengan baik jika tidak diberitakan media pers.

“Karenanya kami sangat berterimakasih kepada teman-teman media. Berkat kerjasama kita selama ini, penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut semakin membaik,” ujar Abyadi Siregar pada acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan insan pers yang tergabung dalam grub WA Media-Ombudsman RI Perwakilan Sumut, di Ray Cafe Sisha & Resto, Jalan Mahkamah, Kota Medan, Senin, 17 April 2023.

Hadir pada pertemuan silaturahmi yang diinisiasi wartawan senior Nurdin Barus dan Fahruddin (Kocu) ini puluhan wartawan dari berbagai media yang tergabung dalam grub WA Media-Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

Lebih lanjut dikatakan Abyadi, di grub WA Media-Ombudsman yang ia buat itu ada sekitar 80-an wartawan dari berbagai media, ada dari media elektronik tv dan radio, media cetak dan online.

“Itulah kenapa kasus-kasus pengaduan masyarakat terkait penyelenggaraan pelayanan publik yang ditangani Ombudsman, atau berbagai temuan Ombudsman di lapangan terkait berbagai hal penyelenggaraan pelayanan publik, viral di masyarakat. Itu karena bantuan teman-teman media,” ucapnya.

Selama ini, teman-teman wartawan yang tergabung di grub inilah yang telah membantu Ombudsman. Saya katakan Ombudsman tidak akan ada apa-apanya tanpa bantuan dari teman-teman media. Karenanya saya berharap, kerjasama ini kedepan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” ujar Abyadi.

Maka itu, Abyadi berharap kerjasama antara Ombudsman RI Perwakilan Sumut dan media dapat terus dipertahankan dan bisa lebih ditingkatkan lagi kedepannya.

“Insya Allah, Oktober 2023 ini, masa jabatan saya sebagai Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut untuk priode kedua berakhir. Meski begitu, teman-teman wartawan saya harap dapat selalu ‘menongkrongi’ Ombudsman, karena banyak berita-berita menarik, berita-berita seksi ada di Ombudsman,” ujar Abyadi yang juga seorang wartawan senior pemegang Kartu Wartawan Utama dari Dewan Pers itu.

Nurdin Barus selaku inisiator pertemuan silaturahmi ini mengatakan ia telah mengenal Abyadi Siregar sudah cukup lama, sejak pernah sama-sama sebagai wartawan di sebuah harian di Kota Medan.

“Beberapa tahun lalu saya bertemu dengan Pak Abyadi di Kabupaten Serdang Bedagai dan beliau mengajak serta memasukan saya ke grub WA Media-Ombudsman. Pertemuan ini dimaksudkan untuk membangun kebersamaan dan kekompakan kita sesama insan pers, apalagi kita dengar Pak Abyadi juga telah digadang-gadang sebagai kandidat bakal Wakil Gubernur Sumut, ini sangat menggembirakan kita dan patut kita dukung,” ujar wartawan senior yang kini membangun media online sendiri di Serdang Bedagai.

Hal yang sama juga diungkapkan Fahruddin atau yang akrab disapa Kocu. Menurutnya, banyak kalangan kini telah mewacanakan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, sebagai Wagubsu.

Menurut Kocu, wacana itu muncul bukan tanpa alasan. Itu karena banyak pihak yang melihat keberhasilan Abyadi Siregar selama hampir 10 tahun memimpin Ombudsman RI Perwakilan Sumut, sehingga Ombudsman menjadi lembaga negara yang disegani, dipercaya serta dicintai masyarakat.

“Itu berkat berbagai gebrakan Ombudsman Sumut dibawah pimpinaan Abyadi Siregar yang telah berhasil membantu berbagai persoalan masyarakat. Atas peran Ombudsman Sumut juga yang sangat ketat melakukan pengawasan penyelenggaran pelayanan publik pada institusi pemerintah (Pemda), kepolisian dan lainnya, penyelenggaraan pelayanan publik di institusi-institusi itu semakin membaik,” jelas Kocu.

Karenanya menurutnya sangat wajar jika kemudian banyak kalangan yang kemudian menginginkan beliau tampil menjadi orang nomor 2 di Sumut, agar tata kelola pemerintahan di Sumut bisa semakin baik lagi.

Kandidat Wagub Sumut

Menanggapi hal ini, Abyadi Siregar mengatakan awalnya ia juga terkejut ada yang mengadang-gadang dia sebagai Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), bahkan telah ada dibuat grub WA Abyadi Siregar For Wagubsu, serta sebuah polling yang menempatkan namanya sebagai Wagubsu.

“Yang mewacanakan itu pertama adalah mantan anggota DPRD Sumut dari PDIP bang Efendi Naibaho di awal Ramadan lalu. Beliau memang teman saya dan juga seorang wartawan senior. Awalnya saya menolak itu dan minta grub itu dihapus, karena saya merasa belum layak. Saya juga tak punya dana untuk itu dan tak berpartai. Tapi bang Fendi berkeras untuk tetap mewacanakan itu dan minta saya untuk tenang saja serta memantau bagaimana perkembangannya,” jelas Abyadi.

Saat ini, sebut Abyadi, grub WA itu terus berkembang dan telah banyak anggotanya. Wacana menjadikan dirinya sebagai kandidat Cagub Sumut pun makin berkembang hingga ke kabupaten kota di Sumut.

“Saya memang terus pantau kalau wacana itu makin meluas. Meski saya belum memutuskan terkait wacana itu karena saya masih di Ombudsman, tapi keinginan orang, keinginan masyarakat tidak bisa dilarang. Dan kalau memang ada garis tangan kita ke sana, itu tidak akan bisa ditolak. Saat ini pun, juga belum bisa dipastikan siapa yang bakal maju sebagai cagub atau cawagub Sumut. Jadi wacana itu sah-sah saja, itu tergantung dukungan masyarakat dan dukungan teman-teman media juga,” papar Abyadi.

Selain dihadiri para wartawan dan Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar, hadir juga pada silaturahmi dan buka puasa bersama ini Manager Marketing RS Colombia Medan, Ika Harahap, Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara Sumatera Utara (Bapera Sumut) Abdul Rahman (Dedek Ray), Youtuber Jack India (Ketua ‘Limpul’), Samsul Bangun (Bule) dan Choky Nasution, selaku sahabat jurnalis. (rel/B)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button