Aceh TerkiniIndeks

Barisan Sepuluh Pemuda Minta Kejaksaan Audit Dana BOS SMPN 1 Lawe Alas

Barisan Sepuluh Pemuda Minta Kejaksaan Audit Dana BOS SMPN 1 Lawe Alas — KUTACANE (bareskrim.com) | Barisan Sepuluh Pemuda Kabupaten Aceh Tenggara, Dahrinsyah buka suara kepada awak media bareskrim.com terkait dana BOS TA 2022 yang dikelola SMP Negeri 1 Lawe Alas, Rabu, 7 Juni 2023.

Dahrinsyah menduga, dana bantuan operasional sekolah (BOS) di SMP Negeri 1 Lawe Alas terjadi penyimpangan dan tidak transparan dalam pengelolaan dana BOS TA 2022.

Dana BOS merupakan program pemerintah dalam rangka meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan. Pelaporan dana BOS dan kegunaannya harus disajikan secara transparan dan akuntabel dan benar-benar bertanggung jawab.

“Adanya dugaan penyimpangan dana BOS di SMPN 1 Lawe Alas dan tidak transparan berujung pada keluhan bagi orang tua murid, sehingga besar dugaan dana BOS tersebut menjadi proyek oknum kepala sekolah,” ucapnya.

Dan anehnya lagi, pengelolaan dana BOS di SMPN 1 Lawe Alas para guru dan wali murid tidak mengetahui untuk apa saja dana BOS digunakan.

Apapun bentuk kegiatan harus melalui musyawarah dengan mempedomani petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dana BOS.

Perlu ada papan informasi yang terpampang tentang uraian penggunaan dana BOS di sekolah dan dapat dilihat oleh masyarakat terutama warga sekolah bersama wali murid.

“Dan saya minta kejaksaan negeri aceh tenggara melalui kasi pidsus untuk segera memanggil kepala sekolah SMPN 1 lawe alas yang diduga ada terjadi penyimpangan dalam pengelolaan dana BOS dan tidak transparan,” minta Dahrinsyah kepada Kejaksaan Aceh Tenggara.

Saat awak media konfirmasi kepada Kepala SMPN 1 Lawe Alas Sopian Joni melaluli WhatsApp, terkait dana BOS yang dikelola diduga tidak transparan atau ada terjadi penyimpangan tidak ada balasan.

Dan awak media mencoba untuk menghubungi Kepala SMPN 1 Lawe Alas tapi HP-nya tidak aktif sampai berita ini tayang tidak ada jawaban apapun dari kepala sekolah. (ijal/B)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button