IndeksPolitik

Gubernur Edy Dukung Program Komisi Informasi

Gubernur Edy Terima Lapkin KI Sumut Tahun 2022

Gubernur Edy Dukung Program Komisi Informasi — MEDAN (bareskrim.com) | Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi didampingi Kadis Kominfo Dr Ilyas Sitorus menerima Laporan Kinerja (Lapkin) Komisi Informasi tahun 2022 yang diserahkan langsung oleh Ketua KI Sumut Dr Abd Harris Nasution SH, MKn didampingi Syafii Sitorus dan Deddy Ardiansyah, Jumat, 16 Juni 2023.

Gubernur Edy menegaskan, dirinya mendukung penuh program dan kinerja Komisi Informasi terlebih lagi untuk mewujudkan Sumut bermartabat lewat keterbukaan informasi publik yang lebih baik.

“Saya mendukung apa yang kalian lakukan demi kemajuan Sumut, jaga kekompakan dan tetap solid,” kata Gubernur Edy Rahmayadi.

Gubernur juga mengungkapkan saat ini keterbukaan informasi sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi seluruh kebijakan publik harus disampaikan secara terbuka kepada masyarakat dan tidak ada yang ditutup-tutupi lagi.

“Saya tegaskan kembali terkait kebijakan publik yang kita lakukan tidak ada yang ditutup-tutupi semua terbuka disampaikan. Saya juga heran ada informasi yang menyebut proyek mangkrak padahal tidak ada proyek mangkrak itu. Semua proyek dikerjakan sesuai dengan prosedurnya tidak ada yang mangkrak,” sebutnya.

Gubernur Edy juga menyambut baik adanya kenaikan peringkat Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Sumut Tahun 2023 yang sudah masuk 10 besar se-Indonesia, dimana tahun sebelumnya Sumut berada di dua puluh besar.

“Sampaikan saja penilaian ril tentang Sumut ini saya yakin kita yang terbaik sebab kita memiliki semua potensi di Sumut ini, sarana prasarana informasi digital kita sudah punya, jadi sudah sangat wajar Sumut ini jadi yang terbaik,” kata Gubernur.

Terkait pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tahun 2023 yang kini sedang berjalan untuk badan publik di Sumut, Gubernur menegaskan, agar seluruh badan publik OPD, BUMD harus ikut serta karena ini menjadi penilaian sejauh mana badan publik melaksanakan kepatuhan terhadap UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Saya mandukung penuh kegiatan Monev Keterbukaan Informasi Publik bagi badan publik di Sumut Tahun 2023 . Saya meminta kepada seluruh badan publik yang ada di Sumut ikut Monev Tahun 2023 ini,” sebut Gubernur.

Sebelumnya, Ketua KI Sumut Dr Abd Harris Nasution SH, MKn didampingi komisioner lainnya yakni Syafii Sitorus dan Dedy Ardiansyah melaporkan kepada Gubsu tentang kinerja tahun 2022 diantaranya jumlah sengketa informasi yang mencapai 170 sengketa, anggaran operasional yang sangat minim serta saran dan prasarana yang belum maksimal.

Harris juga melaporkan bahwa Sumut masuk dalam 10 besar IKIP Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh KI Pusat. “Alhamdulillah berkat dukungan Pak Gubernur Sumut masuk dalam 10 besar IKIP Tahun 2023 yang sebelumnya kita masuk dalam 9 besar dari bawah. Tahun ini kita sudah bisa masuk dalam 10 besar dan ini akan kami tingkatkan terus,” kata Harris.

Harris juga mengharapkan kepada Gubernur, agar anggaran untuk KI Sumut bisa ditingkatkan mengingat beban kinerja yang semakin berat dan banyak ditambah lagi sarana dan prasarana juga perlu di-update kembali, agar lebih meningkatkan kinerja KI Sumut.

Disampaikan Harris juga bahwa akhir Agustus 2023 ini akan digelar KI Award sebagai penganugerahan badan publik yang patuh kepada UU nomor 14 tahun 2008 dan diharapkan Pak Gubernur bisa menyerahkan penghargaan tersebut.

Menanggapi hal itu Gubernur Edy Rahmayadi berjanji akan hadir dalam KI Award dan memberikan langsung penghargaan tersebut. Terkait penambahan anggaran, Edy menegaskan, akan segera memberikan tambahan dengan memerintahkan Kadis Kominfo Dr Ilyas Sitorus menampung penambahan anggaran tersebut. (rel/B)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button