Edukasi

Unimed Terima Kunjungan Kedubes Jerman Bahas Kolaborasi Dalam Bidang Akademik

Unimed Terima Kunjungan Kedubes Jerman Bahas Kolaborasi Dalam Bidang Akademik — MEDAN (bareskrim.com) | Universitas Negeri Medan (Unimed) menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia.

Pihak Kedubes Jerman yang datang berkunjung ke UNIMED H.E Ina Lepel (Duta Besar Jerman untuk Indonesia) dan Daniel Adhiyaksa Darmadi, M.Eng (Konsulat Jerman di Medan).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Erond Litno Damanik, S.Pd., M.Si. didampingi oleh Dekan FBS Dr. Zulkifli, M.Sn., jajaran Wakil Dekan FBS, Kajur Bahasa Asing dan Kaprodi Pendidikan Bahasa Jerman di Ruang Inherent Gedung Biro Rektor lantai 2, Kamis, 25 April 2024.

Duta Besar jerman untuk Indonesia H.E. Ina Lepel dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan ke UNIMED merupakan rekomendasi dimana dia diberi informasi bahwa UNIMED adalah universitas negeri di sumatera utara yang memiliki prodi bahasa jerman.

“Hal ini membuat kami tertarik sekali untuk mengunjungi UNIMED dan melihat langsung bagaimana proses pembelajaran di program studi bahasa jerman UNIMED dan juga melihat mahasiswa yang mengambil program studi bahasa jerman serta dosen-dosennya. Kami berharap juga dengan kunjungan ini dapat memberikan kesempatan bagi UNIMED jika ingin melakukan kolaborasi dengan berbagai kampus di Jerman. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kolaborasi anatara Indonesia dengan Jerman,” ujar Ina Lepel.

Wakil Rektor IV Unimed, Prof. Dr. Erond Litno Damanik mengucapkan terima kasih atas kedatangan kedubes ke Universitas Negeri Medan. “Kedatangan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Kami berharap dengan kedatangan ini dapat memfasilitasi kami untuk menjalin kolaborasi atau kerjasama dengan universitas maupun industri di Jerman. Seperti yang Kita ketahui bahwa Jerman unggul dalam bidang teknologi, olahraga, dan kedokteran. Karena itulah kami ingin menjalin kolaborasi dengan Universitas yang ada di Jerman. Kami berharap dengan kunjungan ini kami mendapat bantuan sehingga rencana itu bisa terlaksana,” ucapnya.

Prof. Erond juga menjelaskan, profil dari Unimed seperti fakultas, jumlah mahasiswa serta dosen dan tendik di Unimed, beberapa program studi yang menjadi unggulan di Unimed serta dosen Unimed yang mengambil studi lanjut ke Jerman.

Lanjutnya Prof. Erond sangat membutuhkan bantuan dari kedubes untuk menghubungkan ke Jerman. “Kami sangat tertarik untuk menjalin kerjasama terutama kerjasama akademik dengan beberapa kampus dan dunia industri disana sehingga mahasiswa kami dapat melakukan magang disana,” debutnya.

Dekan FBS dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Wakil Dekan 2 Dr. Masitowarni Siregar menyampaikan, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Unimed telah berdiri kurang lebih 50 tahun, dan lulusan prodi pendidikan bahasa Jerman FBS Unimed telah banyak bekerja dan melanjutkan studi di Jerman.

“Senada dengan Bapak Wakil Rektor IV kami berharap dengan kedatangan Madam Ine Lepel ke UNIMED dapat membuka jalan kami khususnya bagi program studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS untuk berkolaborasi dengan universitas yang ada di jerman dalam hal tri darma perguruan tinggi serta pertukaran pelajar,” ucapnya. (rel/B)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button