Aceh TerkiniIndeks

Kejaksaan Diminta Periksa Proyek Mubazir di BPBD Agara

Kejaksaan Diminta Periksa Proyek Mubazir di BPBD Agara — KUTACANE (bareskrim.com) | Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara (Kejari Agara) melaluii Bidang Pidana Khusus Pidsus (Pidsus) diminta tokoh masyarakat untuk memeriksa dugaan proyek mubazir di lembaga BPBD Agara, yakni pembangunan lima pos pemadam kebakaran.

Pembangunan Pos Pemadam Kebakaran itu dilakukan berturut-turut sejak tahun 2019 hingga 2021 menelan biaya miliaran rupiah. Namun, pembangunan yang menyedot uang rakyat mencapai Rp 2 miliar lebih itu diduga tak memiliki master plan dan berpotensi untuk mencari keuntungan dan tidak memikirkan pemanfaatannya.

Hal itu disampaikan, tokoh masyarakat Aceh Tenggara, Nasrul Zaman kepada awak media bareskrim.com, Selasa 4 Juni 2023.

Menurut dia, wajar saja Kejaksaan, sebagai lembaga penegakan hukum melakukan penyelidikan terhadap lima bangunan Pos Pemadam Kebakaran itu, terkait mekanisme pekerjaan apakah sesuai gambar dengan RAB, kualitas bangunannya, bahkan bagaimana master plan-nya.

Masyarakat menemukan, bangunan Pos Pemadam Kebakaran itu mulai rusak, seperti salah satu contoh di Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Babul Makmur.

Ditambahnya, pembangunan Pos Pemadam Kebakaran ini dinilai proyek mubazir dan merugikan uang rakyat dan terkesan proyek untuk mencari keuntungan saja, bukan memang proyek yang dibutuhkan masyarakat atau bukan proyek yang mendesak.

Adapun ke lima Pos Pemadam Kebakaran, yakni Pos Damkar Ketambe, Pos Damkar Darul Hasanah, Pos Damkar Kecamatan Leuser dan Pos Damkar Kecamatan Babul Makmur dan Pos Damkar Kecamatan Babul Rahmah.

Terkait masalah pos Damkar BPBD Agara yang belum difungsikan saat awak media bareskrim.com komfirmasi kepada Kepala Kalaksa BPBD Agara Najemi melalui WhatsApp mengatakan, karena belum ada anggaran daerah untuk membeli unit mobil pemadam kebakaran.

“Harga 1 unit mobil pemdam hampir Rp 2 M dan untuk tahun 2024 kita sudah buat usulan untuk pembelian mobil pemadam melalui dana DOKA Usulan sudah kita buatkan dan sudah ACC pada saat desk di Bappeda Aceh. Insha Allah tahun depan kita sudah ada penambahan 1 unit mobil pemadam kebakaran yang baru,” balas Najemi dalam pesan WhatsApp. (ijal/B)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button