Ekonomi

Sejarah Singkat WhatsApp Hingga Diakuisisi Oleh META

Sejarah Singkat WhatsApp Hingga Diakuisisi Oleh META (bareskrim.com) | WhatsApp, platform pesan instan yang kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, memiliki perjalanan yang menarik sejak didirikan hingga diakuisisi oleh META pada tahun 2022.

Berikut adalah gambaran singkat tentang bagaimana WhatsApp tumbuh dan berkembang sepanjang sejarahnya seperti yang dilansir fari situs vantage.id

Sejarah Singkat WhatsApp: Awal Mula Pendirian (2009)

WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Keduanya sebelumnya bekerja di Yahoo, tetapi mereka memiliki visi yang kuat untuk menciptakan platform yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara instan melalui pesan teks. WhatsApp diluncurkan pada bulan Januari 2010 dengan fokus pada sederhana, cepat, dan aman.

Sejarah Singkat WhatsApp: Pertumbuhan Awal (2010-2013)

Pada awalnya, WhatsApp tumbuh secara perlahan tetapi pasti. Namun, fitur-fitur inovatif seperti pesan teks grup dan fitur berbagi lokasi membantu platform ini meraih popularitas yang lebih besar. Pada tahun 2013, WhatsApp mencapai tonggak penting dengan memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan.

Sejarah Singkat WhatsApp: Penerimaan Global (2014-2016)

WhatsApp terus menarik pengguna baru dari seluruh dunia. Pada tahun 2014, platform ini memperkenalkan fitur panggilan suara, memperluas kemampuannya di luar pesan teks. Penerimaan fitur ini membantu WhatsApp semakin diakui sebagai alat komunikasi yang sangat penting. Pada tahun 2016, WhatsApp mengumumkan enkripsi end-to-end untuk semua pesan, memperkuat privasi penggunanya.

Sejarah Singkat WhatsApp: Akuisisi oleh Facebook (2014)

Pada tahun 2014, Facebook, perusahaan media sosial terbesar di dunia, mengumumkan rencana untuk mengakuisisi WhatsApp dengan harga yang luar biasa, yaitu sekitar 19 miliar dolar AS. Akuisisi ini awalnya menuai kontroversi, tetapi juga menegaskan posisi WhatsApp sebagai pemain utama di dunia pesan instan. Saat ini juga hadir versi whatsapp dengan fitur lebih lengkap yaitu yowhatsapp.

Sejarah Singkat WhatsApp: Inovasi Lanjutan (2017-2021)

Pasca-akuisisi oleh Facebook, WhatsApp terus menghadirkan inovasi. Fitur Status mirip dengan cerita di platform media sosial lain diperkenalkan pada tahun 2017. Pada tahun-tahun berikutnya, WhatsApp terus memperbarui keamanan dan fungsionalitasnya, termasuk memperkenalkan fitur pembayaran dan toko bisnis di platform.

Sejarah Singkat WhatsApp: Transisi ke META (2022)

Pada tahun 2022, perusahaan induk Facebook, yang kemudian berganti nama menjadi META, mengumumkan rebranding dan perubahan fokus perusahaan. Sebagai bagian dari transisi ini, WhatsApp juga menjadi bagian dari ekosistem META. Transisi ini menggambarkan perubahan arah besar-besaran perusahaan dalam menghadapi era digital yang terus berkembang.

Dengan demikian, perjalanan Whatsapp dari awal pendirian hingga diakuisisi oleh META menunjukkan bagaimana platform pesan instan ini telah mempengaruhi cara kita berkomunikasi dan berinteraksi.

Dari inovasi fitur hingga evolusi kepemilikan perusahaan, WhatsApp tetap menjadi kekuatan yang menggerakkan dunia komunikasi digital. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button