EdukasiIndeks

Rektor Ingatkan Lulusan Unimed Tingkatkan Skill

Rektor Ingatkan Lulusan Unimed Tingkatkan Skill — MEDAN (bareskrim.com) — Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof Dr Syamsul Gultom MKes menyebutkan, mengingatkan lulusan Unimed untuk menggali dan meningkatkan skill (kemampuan) di tengah masyarakat. Rektor sebut, ada 10 Skill yang dibutuhkan di masa depan.

10 skill tersebut yakni Ilmuwan yang Kreatif, Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Kerja Sama Tim atau Kolaborasi, Kepemimpinan, Kemampuan Negosiasi, Manajemen Waktu, Kemampuan Mengambil Keputusan, Kemampuan Mengendalikan Emosi, Berpikir Kritis, dan Networking.

“Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai hal,” ujar Prof Syamsul saat mewisuda 1.377 Lulusan di Gedung Serbaguna Unimed, Selasa, 22 Agustus 2023.

Hadir Ketua Senat, Sekretaris dan Anggota Senat Universitas Negeri Medan, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Program Pascasarjana, Ketua Lembaga, Seluruh fungsionaris, dosen dan Staf Akademik Universitas Negeri Medan serta orang tua/Wali dan keluarga wisudawan.

Rektor tak lupa menyampaikan bahwa wisuda ini bukan masa belajar telah berakhir. Justru jadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang dimiliki selama studi di Unimed.

“Gelar akademik dan keahlian yang telah Saudara peroleh, harus menjadi modal utama agar saudara mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup,” katanya.

Di era revolusi industri dan menuju era society 5.0, teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.

“Saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan literasi bahasa Inggris,” jelasnya.

Melalui Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI dan penugasan 6 tugas wajib dalam setiap mata kuliah, Rektor menyakini saudara semua lulusan Unimed yang di wisuda hari ini, sudah memiliki 10 kompetensi dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

“Masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan,” ujarnya.

Rektor juga menyebutkan, saat ini pimpinan Universitas Negeri Medan, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor, dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja melalui pengembangan kurikulum Outcomes Based Education (OBE) berbasis 5 literasi, yakni literasi data, teknologi, manusia, informasi dan bahasa, dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja.

Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang andal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, kata rektor, Unimed tahun depan menyiapkan beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud menyukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” harapnya.

Pada kesempatan itu Rektor menyebutkan mahasiswa dan Dosen Unimed berhasil mengukir berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional antara lain, Unimed masuk 5 besar Perguruan Tinggi Penerima Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2023 dengan Judul Terbanyak ke-4 untuk Perguruan Tinggi Klaster Utama, dengan jumlah Dana Rp2,25 Miliar.

Mahasiswa Unimed meraih 3 Medali Emas dan 1 Medali Perunggu di Sei Games Ke-32 di Kamboja Mei 2023 yang lalu dan banyak lagi prestasi lainnya yang berhasil di raih oleh mahasiswa Unimed.

“Capaian prestasi yang berhasil di raih ini menjadi bukti bahwa proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan dengan baik dan sukses,” sebut Rektor. (rel/B)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button