Edukasi

Rektor Unimed Prof Baharuddin Wisuda 1703 Lulusan

Hal itu dikatakan Rektor saat mewisuda 1.703 lulusan periode November 2023, yang dilaksanakan selama 3 hari 22, 23 dan 24 November 2023 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Medan.

Hadir Ketua Senat, Sekretaris dan Anggota Senat, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Program Pascasarjana, Ketua Lembaga, Seluruh fungsionaris, dosen, Staf Akademik Universitas Negeri Medan, Ketua IKA Unimed, Jafaruddin Harahap, S.Pd., M. Si serta orang tua dari para wisudawan.

Rektor menambahkan, dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan Ilmuwan yg kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim atau kolaborasi, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, kemampuan
mengambil keputusan, kemampuan mengendalikan emosi, berpikir kritis, dan Networking.

“Wisuda ini harus Saudara jadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah Saudara miliki selama studi di Unimed,” ujarnya.

Rektor juga mengajak semua semua para lulusan agar dapat melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar semakin dapat berkolaborasi di dunia kerja yang akan semakin kompetitif.

“Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan,” tuturnya.

Apalagi, kata Rektor, Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, 19 Program Magister dan sedang proses pengajuan 5 prodi baru program S2 dan S3.

“Alhamdulilah, saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61 % sudah terakreditasi
A/Unggul. Kami akan terus mendorong agar secara periodik dan cepat, semua
Program Studi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul,” harapnya.

Tak lupa rektor mengingatkan bahwa meski era kemajuan teknologi yang semakin pesat, teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, tapi para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill dibidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi Teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja

Bahkan, lanjutnya, masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

Saat ini Universitas Negeri Medan, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor.

‘Alhamdulilah dalam kurun waktu Januari s.d November 2023, Unimed berhasil menambah 34 Guru Besar/Profesor. Kami pimpinan akan terus mendorong dan memberikan pendampingan agar para dosen yang sudah Doktor dapat mempersiapkan secara bertahap untuk segera meraih Guru Besar, karena banyaknya jumlah Profesor bagi perguruan tinggi menjadi satu indikator kemajuan kampus,” sebutnya.

Selain itu, kata Rektor, prestasi mahasiswa kita diberbagai bidang juga telah berhasil mengukir prestasi baik ditingkat nasional dan internasional, seperti PIMNAS, POMNAS, PON, Sei Games, Asean Games, MTQ, Pesparawi, IMT-GT dan kompetisi internasional lainnya. (ucup/B) 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button