Ekonomi

Festival Ramadan 2024 | Pegadaian Medan Dorong UMKM Naik Kelas

Festival Ramadan 2024 | Pegadaian Medan Dorong UMKM Naik Kelas — MEDAN (bareskrim.com) | Melalui Festival Ramadan 2024, PT Pegadaian Kanwil 1 Medan mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk naik kelas.

Komitmen perusahaan milik BUMN itu diapresiasi Pj Gubernur Sumatera Utara melalui Asisten Bidang Perekonomian & Pembangunan Provinsi Sumatera Utara, Dr. H. Agus Tripriyono, SE, MSi, Ak, CA saat menghadiri Festival Ramadan 2024 yang digelar PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Sabtu (30/3/2024), di Atrium Plaza Medan Fair.

Menurut Dr Agus, pagelaran Festival Ramadan Pegadaian Medan sangat bermanfaat dalam mengedukasi para pelaku UMKM, untuk bangkit dan naik kelas.

“Di Sumatera Utara, terdata ada sekitar 2 juta lebih pelaku UMKM, yang menjadi peluang bagi Pegadaian untuk menggarapnya lagi,” ucapnya.

Ia memandang, selama ini para pelaku UMKM belum begitu mengenal Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan untuk memperolehnya di perbankan cukup begitu rumit.

Pemimpin WilayahPT Pegadaian Kanwil 1 Medan Beni Martina Maulan menjelaskan, proses pengajuan KUR Syariah di Pegadaian sangat mendukung para pelaku UMKM untuk memperoleh KUR. “Tanpa ada jaminan hanya bermodalkan usaha yang diketahui dan diperjelaskan dengan surat keterangan usaha dari pihak kelurahan maupun desa,” tambahnya.

Ia mengajak para pelaku UMKM di Sumatera Utara untuk memanfaatkan produk KUR Syariah dari Pegadaian, agar keberadaan UMKM semakin bertumbuh dan naik kelas.

Ragam Festival Ramadan

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Beni Martina Maulan menerangkan, Festival Ramadan dihadirkan Pegadaian Medan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan 1445 H.

Ada beragam kegiatan yang menarik selama puncak Festival Ramadan di Plaza Medan Fair. Nasabah maupun masyarakat Kota Medan dapat berkuliner serta berbelanja kebutuhan pakaian lebaran.

“Sekitar 30 tenan kuliner dan ragam pakaian yang siap memanjakan mata masyarakat. Semua produk itu merupakan dari UMKM binaan PT Pegadaian Kanwil 1 Medan,” ucap Beni.

Selain bazar UMKM, ada juga bazar emas, serta beragam acara diantara lomba dai cilik, fashion show, dan lomba nyanyi lagu religi. Tampil pula beberapa artis lokal untuk menyemarakkan acara di setiap malamnya.

Melalui Festival Ramadan, Pegadaian Medan ingin mendorong para pelaku UMKM yang ada di Medan khususnya Sumatera Utara untuk naik kelas bersama Pegadaian.

Dalam kesempatan itu, Beni juga menyampaikan, pada tanggal 1 April 2024, Pegadaian akan berusia 123 tahun.

“Usia 123 tahun bagi sebuah korporasi sudah semakin tua. Dan sepanjang itu, kami akan terus berupaya melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Kami ingin selalu dekat, tumbuh berkembang dengan pelaku UMKM,” cetusnya.

Dalam memeriahkan Festival Ramadan 2024, Pegadaian Medan menyerahkan hadiah bagi pemenang Poin Pegadaian, yang berasal dari Kabupaten Asahan dan Kota Medan.

Nasabah loyal warga Kisaran Kabupaten Asahan Ahmad Fauzi Sitorus yang berhasil membawa pulang mobil listrik Wuling serta Agus Salim asal Kota Medan memenangkan sepeda motor Scoopy dari hasil undian Pegadaian Poin.

Turut hadir Deputi Direktur OJK Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Yovvi Sukandar; Regional CEO BRI Medan, Dani Alfianto; dan Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik serta para insan Pegadaian. (ani/B) 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button