Indeks

Kapolda Sumut: Kamtibmas Pondasi Penting Ciptakan Iklim Kondusif Ekosistem Industri Keuangan

MEDAN (bareskrim.com) | Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menjadi pembicara dalam kegiatan Leaders Forum Bank Mandiri Region l/Sumatera 1, Senin (18/12/2023).

Bertempat di Toba Hall Menara Mandiri Medan, kegiatan Leaders Forum Bank Mandiri yang digelar itu bertemakan “Strong Leadership and Relationship.”

Kapolda Sumut Irjen Agung Setya mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara sebesar 4,94 persen pada Triwulan III-2023 mengalami penurunan dibandingkan Triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,91 persen.

“Secara akumulatif pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara mengalami penurunan 0,25 persen hingga Triwulan III-2023,” katanya dalam forum pembicaraan.

Walau begitu, Agung mengungkapkan kinerja industri keuangan dapat dilihat dari dana pihak ketiga seperti kredit, leasing, asuransi dan transaksi di pasar modal meningkat dari Rp. 303,31 triliun pada Triwulan I-2023 menjadi Rp. 306,71 triliun pada Triwulan III 2023.

“Untuk ekosistem industri keuangan perkembangan kantor cabang bank di Sumut mengalami penurunan tetapi Sumut peringkat ke lima sebagai provinsi dengan jumlah kantor cabang bank terbanyak di Indonesia,” ungkapnya.

“Melihat dari data peringkat itu bahwa industri keuangan yang ada di Sumatera Utara dalam posisi yang maju,” tambah mantan Asops Kapolri tersebut.

Agung menerangkan, keamanan dan ketertiban di masyarakat berkolerasi erat dengan ekosistem industri keuangan dimana tingkat kepatuhan hukum yang tinggi dapat memberikan dampak positif terhadap industri keuangan di Sumatera Utara.

“Untuk menjaga iklim kamtibmas terhadap industri keuangan tetap berjalan aman, Polda Sumut telah memiliki lima program prioritas kita salah satu menciptakan area publik aman dan nyaman,” terangnya.

“Kamtibmas menjadi pondasi penting menciptakan iklim kondusif bagi ekosistem industri keuangan di Provinsi Sumatera Utara,” pungkasnya.(r/B/amr)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button